Gelar Kejuaraan Petanque Antar Dosen se-Indonesia, Undikma Terus Kenalkan Petanque ke Masyarakat -->

Gelar Kejuaraan Petanque Antar Dosen se-Indonesia, Undikma Terus Kenalkan Petanque ke Masyarakat

Selasa, 05 September 2023, Selasa, September 05, 2023

FOTO. Suasana pembukaan kejuaraan Petanque berskala nasional yang digelar Undikma. 













MATARAM, BL  – Sebagai perguruan tinggi yang dikenal dengan kampusnya mahasiswa berprestasi khususnya di bidang olahraga, Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram selalu menjadi kampus pelopor dalam pengembangan olahraga khususnya di NTB


Salah satu cabang olahraga yang dikembangkan di Undikma adalah Petanque, yang awalnya merupakan olahraga tradisional di Francis, sekarang berkembang diberbagai negara termasuk Indonesia. 


Bahkan Petanque sudah diperlombakan pada event olahraga resmi sepeti Porprov, PON, SEA Games, ASEAN Games dan Olimpiade. Petanque biasa dimainkan di tanah/dataran berpasir yang tetap bisa membuat bola besi (Bosi) bergulir.


Dalam upaya memperkenalkan dan mengembangkan olahraga Petanque, Pengurus dan atlet Petanque UNDIKMA telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti sosialisasi ke sekolah, kampus dan masyarakat umum.


Selain itu Undikma juga aktif mengikuti kejuaraan Petanque di NTB dan luar daerah pada berbagai level dan nomor pertandingan.  Di awal Agustus 2023, Tim Petanque Undikma mengikuti kejuaraan di Universitas Negeri Jakarta dan berhasil meraih juara pada beberapa nomor pertandingan.


Berbekal pada pengalaman, prestasi dan ketersediaan fasiltas serta SDM yang memadai, akhirnya Undikma memberanikan diri menggelar kejuaraan Petanque berskala nasional yaitu Kejuaraan Petanque antar Dosen Perguruan Tinggi se Indonesia pada tanggal 6 – 8 September 2023 bertempat di Lapangan Petanque Undikma.


Ketua Panitia Andi Anshari Bausad, mengatakan, bahwa kejuaraan Petanque ini sudah dilaporkan dan dikoodinasikan ke Pengurus Federasi Olahraga  Petanque Indonesia Provinsi NTB (FOPI NTB).


“Ada tiga nomor pertandingan yang akan dimainkan yaitu Double Eksekutif, Single, dan Double Open yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi antara lain Universitas Udayana, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Manado, Universitas NU NTB dan Undikma dan beberapa perguruan tinggi lainnya,” jelasnya pada wartawan, Selasa (5/9).


Selain acara lomba, Panitia juga telah menyiapkan kegiatan pra lomba (gala dinner) dan kegiatan pasca lomba yaitu touring ke beberapa spot wisata di Pulau Lombok.


Salah satu panitia, Susi Yundarwati, menambahkan bahwa Kejuaraan Petanque ini, selain untuk berolahraga, juga sebagai ajang memperkuat jalinan silaturahmi antar peserta yang berasal dari perguruan tinggi berbeda. 


Untuk itu, melalui Kejuaraan Petanque diharapkan akan bisa memperluas dengan melakukan kegiatan yang bersifat akademik.


“Adapun benefit yang akan diperoleh oleh peserta yaitu medali, sertifikat penghargaan dan uang pembinaan,” ujarnya.


Susi menambahkan bahwa untuk perangkat pertandingan akan menggunakan SDM di Undikma, seperti Arbiter yang telah berlisensi untuk menjaga dan menjamin kualitas pelaksanaan kejuaraan. (R/L..).

TerPopuler