Alami Tren Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Tiap Tahun, Undikma Gelar PKKMB selama Empat Hari -->

Alami Tren Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Tiap Tahun, Undikma Gelar PKKMB selama Empat Hari

Jumat, 15 September 2023, Jumat, September 15, 2023

 

FOTO. Rektor Undikma Prof. Drs. Kusno, DEA saat memberikan pengarahan pada mahasiswa baru Undikma tengah mengikuti pelaksanaan PKKMB di halaman kampus Undikma. 

















MATARAM, BL - Sebanyak  2.215 orang mahasiswa baru (Maba) Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 September 2023. 


Tercatat, jumlah Maba tahun ini, mengalami peningkatan signifikan bila dibandingkan Maba tahun 2022 lalu, yang hanya berjumlah sebanyak 2.052 orang.


Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undikma Mataram,  Ni Ketut Alit Suarti, mengatakan, ada tren peningkatan jumlah mahasiswa di UNDIKMA Mataram setiap tahunnya. 


Hal itu menyusul, pada tahun  2019 ada sekitar 900 orang, tahun 2020 sebanyak 1.294 orang, tahun 2021 sebanyak 1.463 orang, tahun 2022 sebanyak 2.052 orang  dan di tahun 2023 berjumlah sebanyak 2.215.


"Tren peningkatan terjadi, mulai dari tahun 2017 hingga tahun ini. Ini terlihat di PKKMB tahun ini menjadi tampak jelas jumlah mahasiswa Undikma mencapai 2.215 orang," kata Ni Ketut pada wartawan, Jumat (15/9).


Menurut Wakil Rektor I Undikma ini, pelaksanaan PKKMB merupakan kegiatan wajib yang diikuti mahasiswa baru, lantaran mengacu pada pedoman PKKMB Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek tahun 2023.


Dalam pedoman disebutkan bahwa PKKMB merupakan kegiatan pengenalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk peningkatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air, serta kegiatan kokurikuler maupun ekstrakulikuler. Di mana, waktu pelaksanaan, dalam pedoman disebutkan 2-6 hari.


"Hal ini, untuk mempercepat mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus Undikma dan sistem Pendidikan di perguruan tinggi. Dan waktunya, kami ambil empat hari sesuai dengan kebutuhan Undikma,," kata Ni Ketut. 


Lebih lanjut dia merincikan bahwa  selama mengikuti PKKMB mahasiswa baru akan diberikan materi tentang kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan bela negara 


Selanjutnya, Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, perguruan tinggi di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0, pengembangan karakter mahasiswa agar memiliki sikap sebagai intelektual, anti kekerasan seksual, anti perundungan, anti narkoba, anti korupsi dan kampus sehat.


Serta keempat, adalah pengenalan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L), berikutnya kelima adalah materi muatan lokal antara lain pengenalan struktur organisasi Undikma, kode etik mahasiswa, kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, MBKM, sistem layanan akademik dan non akademik, pengenalan organisasi kemahasiswaan.


“Untuk narasumber, kami melibatkan dari pihak eksternal dan internal Undikma sesuai dengan kompetensi serta kesesuaian dengan materi,” tegas Ni Ketut. 


Ia mendaku, bahwa kendati pelaksanaan PKKMB sedang berlangsung, namun penerimaan mahasiswa baru khususnya Program Studi Magister (S2)  tetap dibuka sampai 30 September 2023.


Program studi tersebut adalah S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan S2 Pendidikan IPA.


Selanjutnya, pihak Panitia PMB Undikma juga masih membuka layanan pendaftaran untuk beberapa program studi S1 dan Diploma 3. Yakni, Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Inggris, Seni Rupa, Pertambangan, Kehutanan, Arsitektur, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika dan Kimia.




FOTO. Ribuan mahasiswa baru Undikma saat mengikuti PKKMB


Sementara itu, Rektor Undikma, Prof. Drs. Kusno, DEA, meminta pada mahasiswa untuk fokus mengikuti pelaksanaan PKKMB. Sebab, akan banyak manfaat yang akan diperoleh, khususnya bagi mahasiswa baru.


Mengingat, lanjut Guru Besar lulusan Prancis ini,  PKKMB dilaksanakan sebagai media transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Serta, menyiapkan mahasiswa baru untuk memasuki Pendidikan tinggi. 


"Anda semua adalah orang-orang yang beruntung, karena banyak orang yang ingin kuliah seperti anda, tapi mereka tidak bisa, untuk itu mohon manfaatkan waktu empat tahun ke depan dengan sebaik-baiknya,” kata Prof Kusno.


Prof Kusno tak lupa mengucapkan selamat datang pada para mahasiswa baru  “Selamat datang di Universitas Pendidikan Mandalika, ayo belajar  dengan baik, tekun dan  disiplin. Mari kembangkan potensi diri karena banyak peluang yang dapat dimanfaatkan,” tegas Prof Kusno.


Terpisah, Kepala Biro Humas Undikma, Ismail Marzuki mengaku senang dan bersyukur dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa baru tahun ini.  


Karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada keluarga mahasiswa baru yang telah mempercayai Undikma, serta seluruh pihak. Yakni, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni dan terutama Mitra PMB Undikma yang telah bekerja keras melakukan promosi dan fasilitasi pendaftaran. 


"Peningkatan jumlah mahasiswa baru kali ini, tidak lepas dari andil sejumlah pihak yang sudah memberikan kemudahan bagi pendaftar dalam melakukan proses/tahapan pendaftaran sampai tuntas. Utamanya, pada Ketua Yayasan H. Lalu Rusmiady. dan Rektor Undikma yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan, khususnya kepada Panitia PMB 2023 untuk melakukan inovasi dan pengembangan strategi marketing, sehingga alhamdulillah hasilnya sesuai dengan yang diharapkan," tandas Ismail Marzuki menjelaskan. 031.

TerPopuler