Ungguli SMAN 1 Mataram, MAN 1 Lotim Rebut Juara Festival Inovasi Sains FSTT Undikma -->

Ungguli SMAN 1 Mataram, MAN 1 Lotim Rebut Juara Festival Inovasi Sains FSTT Undikma

Selasa, 27 Juni 2023, Selasa, Juni 27, 2023

 


FOTO. Kelompok MAN 1 Lombok Timur 





MATARAM, BL – Festival Inovasi Sains Tingkat SMA/SMK/MA se-Nusa Tenggara Barat yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) telah tuntas. 


Dalam ajang tersebut Kelompok Gigih Indah Sukma Halwati, Erina Haqqul Bariyah, dan Gina Ulfa Ramadhani dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur (Lotim), merebut juara pertama. 


Selanjutnya, Kelompok Putu Ivana Anggie Sandyasta, I Gusti Ayu Cahyaning Karina Maharani, Muhammad Fahri Rahim Furkan, Nabillah Khairun Nisa, dan Lalu Muhammad Fatir Maulana dari SMAN 1 Mataram, merebut juara kedua. 


FOTO. Kelompok SMAN 1 Mataram




Berikutnya, Kelompok  Muhammad Shabran, Gina Rahmatillah, M. Ivan Al Farizi, dan Milady Rahmania  dari MAN 2 Kota Bima, meraih juara ketiga. 


Panitia Festival sekaligus Kaprodi Pendidikan Fisika, Dwi Pangga, M.Pd, mengatakan peserta  yang mendaftarkan diri sebanyak 18  kelompok. Dalam seleksi, panitia menghadirkan juri yaitu dosen FSTT Undikma.


“Untuk menjaga kualitas festival, panitia melibatkan juri yaitu Dr. Nova Kurnia, M.Pd dan Dr. Habibi, M.Pd yang keduanya adalah Dosen pada Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) Undikma,” ujarnya dalam siaran tertulisnya, Selasa (27/6).


Dwi Pangga, mengatakan, bahwa secara  keseluruhan tahapan lomba dilakukan secara virtual. Mulai dari pendaftaran, pengiriman video hasil inovasi dan presentasi kelompok yang masuk 10 besar.


“Semua kelompok memiliki nilai inovasi yang bagus dan sangat membanggakan sekaligus menjadi gambaran  dari kualitas siswa/siswi di NTB,” kata dia. 



FOTO. Kelompok MAN 2 Kota Bima


Menurut Dwi Pangga, festival ini akan menjadi agenda tahunan. "Yang belum berhasil menjadi juara, ayo dicoba lagi di tahun depan,” tegas dia. 


Sementara itu, Dekan FSTT Undikma Dr. Saiful Prayogi, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua sekolah, guru dan siswa yang telah ikut dalam Festival Inovasi Sains FSTT yang digelar untuk pertama kalinya di tahun 2023 ini.


“Semua peserta bagus-bagus, sangat bersemangat dalam mengikuti setiap tahapan lomba, untuk itu atas nama FSTT UNDIKMA saya mengucapkan selamat kepada para juara,” ujarnya.


Doktor Fisika jebolan Universitas Negeri Surabaya ini, menambahkan agar para peserta terus berinovasi dan tak patah semangat.


“Bagi yang belum berhasil, silahkan belajar lebih giat lagi, semoga pada festival di tahun berikutnya berhasil menjadi juara,” tandas Saiful Prayogi. (R/L..).

TerPopuler