Resmi, UIN Mataram Buka Program Studi Doktoral Hukum Kelurga Islam -->

Resmi, UIN Mataram Buka Program Studi Doktoral Hukum Kelurga Islam

Jumat, 30 Juni 2023, Jumat, Juni 30, 2023

 

FOTO. Visitasi pembukaan program studi S3 Hukum Keluarga Islam (HKI) di UIN Mataram. 








MATARAM, BL  - Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram membuka program pascasarjana baru yakni studi doktoral (S3) Hukum Keluarga Islam (HKI). UIN Mataram menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ke-4 sebagai penyelenggara S3 HKI di Indonesia setelah UIN Riau, UIN Jambi dan UIN Malang.


"Setelah melalui proses panjang, Alhamdulillah pascasarjana UIN Mataram akhirnya secara resmi membuka program studi Doktor Hukum Kelurga Islam (S3 HKI)," ujar Rektor UIN Mataram Prof Masnun Thahir dalam siaran tertulisnya, Jumat (30/6)


Pembukaan prodi S3 HKI itu secara resmi dipastikan seusai dikeluarkannya Keputusan Menteri Agama (KMA) RI Nomor 496 Tahun 2023 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Hukum Keluarga Islam untuk Program Doktor di UIN Mataram.


"Kalau untuk wilayah Indonesia Tengah dan Timur maka UIN Mataram satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan S3 HKI sehingga menjadi peluang besar mendapatkan mahasiswa doktoral pada bidang HKI," kata Prof Masnun. 


Masnun menjelaskan, bahwa prodi S2 HKI UIN Mataram telah melahirkan banyak alumni yang berkiprah di dunia kerja. Seperti Pengadilan Agama, Kantor Urusan Agama, perguruan tinggi sebagai dosen-peneliti, dan di pusat mediasi keluarga. Sehingga para alumni berpeluang untuk melanjutkan studinya di S3 HKI UIN Mataram.


Sambutan baik atas hadirnya S3 HKI di UIN Mataram bukan saja dari stakeholder UIN Mataram dan alumni, juga oleh masyarakat secara luas.


Namun, Masnun mengklaim yang paling berbahagia adalah para mahasiswa yang sedang mengambil studi HKI, baik yang sedang studi di S1 terlebih S2. Sebab mereka dapat menyelesaikan jenjang pendidikan tertinggi di satu tempat yaitu UIN Mataram.


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) itu mengatakan UIN Mataram menjadi pilihan yang tepat dalam mendalami dan mengembangkan HKI karena memiliki tujuh profesor (guru besar).


"Mereka sebagai dosen tetap di prodi HKI dan saat ini prodi HKI sebagai satu-satunya prodi di pascasarjana UIN Mataram yang mendapat akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)," bebernya.


Sehingga dipercaya sebagai pengelola kelas Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI sejak tahun akademik 2022-2023. 


"Ala kullihal, sebagai bentuk kesyukuran UIN Mataram atas dibukanya S3 HKI mulai tahun Akademik 2023/2024 ini kami mengundang masyarakat pada umumnya dan alumni S2 HKI pada khususnya untuk bergabung sebagai mahasiswa S3 HKI," tandas Prof Masnun Tahir. (R/L..).


TerPopuler