Daftar Pertama Calon DPD Dapil NTB, Maskahiyang Optimis Dua Wakil Sumbawa Lolos ke Senayan -->

Daftar Pertama Calon DPD Dapil NTB, Maskahiyang Optimis Dua Wakil Sumbawa Lolos ke Senayan

Selasa, 02 Mei 2023, Selasa, Mei 02, 2023

 


FOTO. Maskahiyang (tengah) saat menunjukkan berkas pendaftaran calon DPD RI dapil NTB yang sudah diterima oleh KPU NTB, kemarin. Maskahiyang adalah pendaftar pertama calon DPD RI dapil NTB, Senin (1/5) kemarin. 











MATARAM, BL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB mulai menerima pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPRD dan DPD, Senin (1/5) kemarin.


Di hari pertama, satu orang balon DPD RI, yakni, Maskahyangan tercatat mendaftar sebagai calon DPD pertama. Wanita asal Sumbawa itu yang aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan itu, datang sekitar pukul 14. 15 WITA ditemani oleh suami dan keluarganya. 


Ketua Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik (Pappri) NTB itu, diterima oleh Ketua KPU NTB Suhardi Soud, dan komisioner KPU lainnya, Yan Marli, Zuriati, dan Agus Hilman. Di mana, pendaftaran untuk Caleg DPRD dan DPD dibuka mulai 1 hingga 14 Mei 2023. 


Sedangkan, proses verifikasi kelengkapan dokumen pendaftaran hingga pukul 15.37 WITA, masih dilakukan jajaran Sekretariat KPU NTB. Hal ini dimaksudkan sebagai persyaratan pendaftaran untuk selanjutnya dilakukan verifikasi administrasi. 


Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU NTB, Agus Hilman mengatakan bahwa dari proses pendaftaran pemenuhan, Maskahyangan dinyatakan memenuhi syarat administrasi. 


"Untuk Ibu Maskahyangan, sudah memenuhi syarat administrasi. Dan yang ke-24 balon DPD dapil NTB yang sudah pegang tiket akan dinyatakan memenuhi syarat jika mereka melakukan pendaftaran sesuai jadwal. Mulai hari ini hingga tanggal 14 Mei 2023," kata Agus Hilman pada wartawan. 


Ia menyatakan, bahwa para calon DPD yang sudah menyerahkan dokumen saat pendaftaran,  akan juga mengajukan persyaratan ke Silon KPU setempat. 


"Nantinya, yang sudah mendaftar itu akan dilakukan verifikasi administrasi (Vermin) oleh KPU sesuai jadwal. Mulai besok hingga tanggal 23 Mei 2023," ucap Agus Hilman. 


Terpisah, Calon DPD RI, Maskahyangan mengatakan, bahwa tekadnya maju sebagai senator NTB, adalah untuk berperan aktif dalam rangka meningkatkan potensi SDM dan SDA di Provinsi NTB secara berkelanjutan. 


"Sebagai ketua beberapa organisasi. Jujur saya terpanggil untuk ikut memajukan provinsi NTB. Utamanya, bagaimana pengembangan pariwisata yang cukup banyak di NTB. Tapi, belum banyak dikenal agar bisa dikenal lebih luas," kata dia pada wartawan di kantor KPUD NTB, kemarin. 


Terkait dengan adanya satu calon DPD asal Sumbawa yakni, Nurdin Ranggabarani. Kata dia, hal itu bukan menjadi masalah. 


Pasalnya, Maskahyangan berharap antara dirinya dan Nurdin bisa menjadi wakil dari Sumbawa melaju ke kursi DPD RI. 


"Saya kenal Nurdin, saya masih berkeluarga dengan Nurdin. Apalagi istrinya dan saya itu satu organisasi yang sama. Yakni, komunitas cinta berkain NTB. Disitu saya ketua Provinsi dan istri pak Nurdin adalah ketua di Kabupaten Sumbawa. Maka, kalau gesekan saya kira enggak adalah. Semoga kita berdua bisa lolos mewakili Pulau Sumbawa dan dua lagi dari Pulau Lombok," jelas Maskahyangan. 


Diketahui, sebanyak 24 nama balon DPD RI sudah dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan. Di mana, empat inkumben anggota DPD dapil NTB juga telah dinyatakan memenuhi syarat. Nantinya, seluruh bakal calon akan diminta melakukan pendaftaran ke KPU mulai 1-14 Mei 2024.


Berikut nama bakal calon anggota DPD dapil NTB yang dinyatakan memenuhi syarat yaitu:


1. Achmad Sukisman Azmy (Inkumben)

2. Ahmad Turmuzi

3. Evi Apita Maya (Inkumben)

4. TGH Ibnu Halil (Inkumben)

5. Jamhari Latif

6. Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni

7. Lalu Rudy Irham Srigede

8. Lalu Suhaimi Ismy (Inkumben)

9. Maskahyangan

10. Maureen Grace Wenas

11. Mirah Midadan Fahmid

12. Muh Rifki Farabi

13. Muhaimin Yahya Mutawalli

14. Muhir

15. Mulyadi

16. Musa Shofiandy

17. Nurdin Ranggabarani

18. Nurhaidah

19. Ridwan Hidayat

20. Sa'adatul Hayati Putri

21. Sabolah

22. Subuhunnuri

23. Tauhid Rifa'i

24. Zaini Arony. (R/L..).


TerPopuler