Pasar Murah Ramadan IKA Unram Diserbu Masyarakat Gomong dan Dasan Agung -->

Pasar Murah Ramadan IKA Unram Diserbu Masyarakat Gomong dan Dasan Agung

Rabu, 05 April 2023, Rabu, April 05, 2023

 

FOTO. Masyarakat padati bazar ramadlan IKA Unram di halaman Sekretariat IKA Unram. 










MATARAM, BL - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mataram (IKA-Unram) menggelar pasar murah ramadan halaman gedung IKA Unram Jalan Pendidikan, Kota Mataram. 


Menggandeng Dinas Perdagangan NTB dan Bulog, pasar murah yang dibuka pukul 09.00 WITA itu, di serbu warga di sekitar Unram di tiga lingkungan, yakni, Gomong, Dasan Agung dan Kekalik. 


Ketua Panitia Pasar Murah IKA Unram, Alifatul Fajriah mengatakan, bahwa kegiatan pasar murah ini memberikan kesempatan kepada warga untuk mendapatkan kebutuhan pokok/sembako dengan harga terjangkau.

 

“Kegiatan pasar murah ini baru pertama kali dilakukan IKA Unram , di mana biasanya harga sembako di pasaran mengalami kenaikan. Kami memanfaatkan momentum ramadan ini untuk berbagi kebahagiaan dengan mengadakan kegiatan ini," kata Alifatul, Rabu (5/4).


Ia mengaku, bahwa sejumlah komoditi kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah ini, yakni beras, minyak goreng, gula pasir, telur, tepung terigu.


Sedangkan, produk lainnya yakni, sirup, kurma, lauk matang, snack, kue kering UMKM, sirup dan produk minuman hi- c. 


Umumnya, pruduk yang dijual itu langsung dijual oleh para distributornya. "Inilah yang menyebabkan harganya jauh dibawah pasaran, sehingga banyak masyarakat yang datang untuk melakukan pembelian," ujar Alifatul.


Adapun harga bahan pokok yang dijual pasar murah bazar ramadhan 2023 ini mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan Pemerintah.


"Harga yang paling pokok misalnya minyak goreng merek 'Kta' Rp 11 ribu, tepung terigu Rp 9 ribu dan beras antara Rp 45-50 ribu per kilogram.  Yang pasti, semua komoditi yang dijual sesuai dengan harga eceran yang ditentukan pemerintah," jelas Alifatul. 


Sementara itu, warga Dasan Agung, Yuliana  mengaku, senang dengan adanya pasar murah ramadan yang digelar IKA Unram dengan Dinas Perdagangan dan Bulog. Sebab, harga beras untuk kemasan 5 kilogram ia dapatkan jauh lebih murah dari harga di pasar.


"Iya selisihnya Rp 2-3 ribuan, di sini harganya antara Rp 45-50 ribu untuk beras kualitas super hingga premium," kata dia.


Ia berharap agar kegiatan pasar murah ramadan dapat terus digelar oleh IKA Unram. Pasalnya, hal itu sangat membantu kondisi masyarakat yang mulai kesusahan akibat harga barang-barang kebutuhan pokok mulai merangsak naik sebelum ramadan hingga saat ini. 


"Tadi di buka jam 09.00 dan ditutup jam 12.00 WITA, harusnya bisa ditambah waktunya hingga sore hari, sehingga warga lainnya juga bisa membeli barang kebutuhan pokok di pasar murah ini," ungkap Yuliana. 




FOTO. Ketua umum PP IKA Unram Hj. Baiq Isvie Rupaeda saat meninjau stand distributor minyak goreng 


Terpisah, Ketua Umum PP IKA Unram, Hj. Baiq Isvie Rupaeda mengatakan, bahwa pasar murah yang dihelat pihaknya kali ini, tidak lain bertujuan  untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Lebaran 2023.


"Karena animo warga sangat tinggi, maka Insya Allah kegiatan ini akan kita adakan lagi. Serta menjadi agenda rutin saat Ramadan dan hari besar agama lainnya," tandas Isvie Rupaeda. (R/L..).



TerPopuler