Di Era Jokowi, Kereta Api Kertajaya Buat Jarak Jakarta-Surabaya Kian Dekat -->

Di Era Jokowi, Kereta Api Kertajaya Buat Jarak Jakarta-Surabaya Kian Dekat

Rabu, 11 Januari 2023, Rabu, Januari 11, 2023

 


FOTO. Salah satu penumpang KA Kertajaya tengah menikmati fasilitas tempat duduknya. 




CIREBON, BL - Pelayanan Kereta Api (KA) di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) patut diacungi jempol. Pasalnya, layanan dan fasilitas segala jenis kereta api. Mulai kelas ekonomi, bisnis, premium hingga executive class justru tidak memiliki perbedaan apapun. 


Hal ini yang membuat para penumpang terasa nyaman saat menaiki salah satu moda transportasi tertua di Indonesia tersebut. 


Bahkan, jarak antara Jakarta dan Surabaya pun terasa sangat dekat dengan menggunakan KA Kertajaya


"Alhamdulillah, ini kali kedua saya menggunakan transportasi kereta api. Tapi di era Pak Jokowi ini, semua layanan kereta apinya sangat luar biasa dan nyaman bagi penumpang," ujar Wahyu ,  salah satu penumpang tujuan Surabaya, Rabu (11/1). 


Berangkat dari Stasiun Pasar Senen di Jakarta pada sekitar pukul 14.10 WiB. Wahyu merasakan sensasi menggunakan kereta api. Apalagi, para petugas di KA Kertajaya sangat ramah. 


"Mulai pelayan yang perempuan, laki-laki hingga petugas cleaning servisnya, selalu menyapa ramah pada setiap penumpang. Bahkan, mereka tak segan-segan menawarkan makanan, minuman hingga sampah jika ada," jelas Wahyu. 


Bagi Wahyu. Fasilitas toilet di KA Kertajaya juga sangat bersih. Apalagi,  dengan jarak sekitar 725 km, dengan rata-rata kecepatan sekitar 60 hingga 100 km per jam. 


Serta, dengan jumlah stasiun pemberhentian sebanyak 12 buah, maka rata-rata durasi perjalanan yang akan KA Kertajaya tempuh ini sekitar 11 jam 40 menit. 


"Di situ jelas kita butuh sarana toilet yang bersih. Dan Alhamdulillah, semuanya sangat baik. Tapi memang kita harus antri cukup lama," ungkap Wahyu. 




*Berangkat Satu Kali 


FOTO. Inilah fasilitas tempat duduk di KA Kertajaya yang membuat penumpang kian nyaman 



Karena jarak yang panjang, serta lama durasi waktu tempuh tersebut cukup lama, maka kereta api ini hanya akan berangkat 1 kali dalam sehari, baik dari stasiun Pasar Senen Jakarta, biasanya akan berangkat pada jam, 14.10 WIB, siang hari, dan akan tiba di Stasiun Pasar Turi pada jam 01.40 WIB.


Sebaliknya, dari Stasiun Pasar Turi Surabaya, biasanya berangkat dari jam 21.00 WIB malam, dan akan tiba keesokan harinya pada jam 08.40 WIB pagi hari..





*Premium 


FOTO. Inilah desain KA Kertajaya yang berbahasa Stainles 




KA Kertajaya disebut kelas Ekonomi Premium, artinya fasilitas yang ada premium. Hal ini, dapat dilihat dari desain kereta api yang kali ini menggunakan bahan stainless steel, yang membuatnya terlihat lebih elegan. 


Masuk ke bagian dalam, Anda akan melihat gerbong yang nyaman, dengan AC central, dan deretan TV yang dipasang di sepanjang lorong gerbong. 


Tidak hanya sampai disana, deretan bangku dengan jumlah per 2 unit di kanan dan di bagian kiri, berderet rapi. Bangku yang digunakan cukup empuk, dan sudah dilapisi oleh bahan kulit. Posisi tempat duduk pun disusun menghadap ke 1 depan.


Pada fasilitas bangku, Anda akan menemukan tuas di bagian kanan atau kiri bangku, yang berfungsi untuk menggeser sandaran kursi. Terdapat sandaran kursi di bagian tengah. Ketika diangkat, Anda akan menemukan 1 buah colokan headset, yang dapat digunakan, untuk mendengarkan suara televisi atau film yang sedang diputar secara lebih jelas. Ada juga meja mini, dengan 2 buah colokan listrik di bawahnya, yang dapat Anda gunakan untuk mencharger aneka perlengkapan elektronik. (R/L..).

TerPopuler