Budaya KSB jadi Corak Pembeda Devile Kontingen PWI NTB di Porwanas XIII 2022 -->

Budaya KSB jadi Corak Pembeda Devile Kontingen PWI NTB di Porwanas XIII 2022

Selasa, 22 November 2022, Selasa, November 22, 2022

  




FOTO. Inilah kontingen PWI NTB yang tampil pada defile Porwanas XIII 2022 di Malang


MALANG, BL  – Pembukaan Pekan Wartawan Nasional (Porwanas) XIII Tahun 2022, di Malang Raya, pada Senin (21/11) malam, terasa spektakuler. Itu menyusul, sekitar 350 siswa-siswi SMP-SMA se-Malang Raya dilibatkan sebagi penari dalam kegiatan empat tahunan tersebut 


Mereka tampak menampilkan tarian kolosal yang menggambarkan tentang kedalaman dan kekayaan budaya Indonesia di  lokasi acara yang berada di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).


FOTO. Tarian kolosal yang ditampilkan pelajar pada pembukaan Porwanas kali ini. 


Acara kian meriah lantaran,  legenda Gitaris grup musik rock Elpamas yang malang melintang di dunia musik Indonesia asal Kota Malang, Totok Tewel ikut tampil sebagai pembuka. 


Kemeriahan berlanjut dengan tampilnya barisan atau devile 35 peserta Porwanas yang mengenakan budaya daerah masing-masing. Termasuk, kontingen Provinsi NTB yang menonjolkan budaya masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).


Menariknya, dua komika asal Jawa Timur, Cak Lontong dan Insan Nur Kabar yang dikenal dengan Cak Akbar. Sepanjang penampilannya sekitar 15 menit, suasana Graha Cakrawala nyaris tak berhenti bergemuruh dengan gelak tawa dan tepuk tangan pengunjung. 


Salah satu perwakilan kontingen NTB, Purwandi mengaku bahwa pembukaan Porwanas kali ini berlangsung spektakuler. "Jujur saya kagum dengan pembukaannya yang sangat megah, apalagi ada tarian kolosal yang ditampilkan para siswa. Dan disambut Pak Dahlan Iskan yang berlari menyalakan api obor Porwanas. Pokoknya kereen dan spektakuler," kata Purwandi. 


Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengatakan, bahwa pesta olahraga insan olahraga wartawan ini mampu membangun semangat kekeluargaan dan rasa cinta terhadap olahraga. Apalagi, event ini sudah diselenggarakan ke-13 kalinya.


“Kalau sudah ke-13 kali dan digelar empat tahun sekali, artinya sudah lebih dari setengah abad lalu dimulai. Maka ini sebuah event yang layak diteruskan dan sudah luar biasa sejarah panjangnya,” kata Emil.


FOTO. Menpora Zainudin Amali bersama Wagub Jatim dan Ketua PWI Pusat saat membuka secara resmi Porwanas 


Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zaenuddin Amali dalam sambutannya memberi apresiasi atas kolaborasi seluruh insan wartawan dengan pemerintah. Utamanya dalam sosialisasi tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang berlangsung masif dari tingkat pusat sampai daerah di seluruh Indonesia.


Terlebih, kata Zaenuddin Amali, olahraga menjadi bagian strategis dalam sumber pembangunan. “Dengan kerja sama yang baik maka semua yang terkandung di dalam Desain Besar Olahraga Nasional akan tersosialisasi dengan baik di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.


Saat ini, lanjutnya, pemerintah sedang melaksanakan implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional untuk membina atlet-atlet talenta dari usia 12 tahun lulusan SD yang disiapkan menjadi atlet-atlet nasional pada 10 tahun ke depan. Tak terkecuali Jawa Timur yang turut menjadi salah satu sentra pembinaan atlet-atlet talenta tersebut.


“Kalau ini kita bisa jalankan dengan sebaik-baiknya, maka bukanlah mimpi kosong kalau tepatnya pada Olimpiade 2044 yang akan datang, Indonesia minimal berada di peringkat 10 besar dunia,” tandas Menpora. (R/L..). 






TerPopuler