Sasambo Electrifying Lifestyle 2022, Cara PLN Wujudkan Eco Green Gili Trawangan -->

Sasambo Electrifying Lifestyle 2022, Cara PLN Wujudkan Eco Green Gili Trawangan

Minggu, 28 Agustus 2022, Minggu, Agustus 28, 2022




FOTO. Jajaran PLN UP3 Mataram tengah membagikan bantuan kompor induksi pada warga di Gili Trawangan, KLU, kemarin.




KLU, BL – PLN NTB siap mendukung program konversi kompor Liquified Petroleum Gas (LPG) ke kompor induksi. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Sasambo Electrifying Lifestyle 2022 di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU).


Kegiatan yang salah satu tujuannya untuk mengenalkan kompor induksi kepada masyarakat ini juga memberikan kesempatan kepada ibu-ibu di Gili Trawangan untuk menukarkan kompor gasnya dengan kompor induksi.


Dalam sambutannya, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda KLU, H Rusdi, mengatakan, dukungannya kepada PLN dalam upaya untuk mewujudkan eco green, khususnya di Gili Trawangan.


“Kami sebagai perangkat pemerintahan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PLN seperti ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan Eco Green adalah penggunaan kompor induksi dalam aktifitas sehari hari," ujar Rusdi dalam sambutannya, Sabtu (27/8) kemarin.


Mewakili Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Rusdi juga mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah melaksanakan kegiatan di Gili Trawangan. 


Rusdi berharap, ke depannya PLN dapat membuat jejaring yang kuat untuk mengenalkan tidak hanya kompor induksi, namun juga motor listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan.


Sementara itu, Perwakilan Hotel Royal Regantris, Ricky Jumas, mengatakan,  hotelnya telah menggunakan kompor induksi sejak satu tahun yang lalu, ketika pre-opening.


“Penting bagi kami di dunia industri untuk menghemat biaya operasional. Penggunaan kompor induksi ini dapat menghemat dari sisi biaya operasional tiap bulannya. Selain itu, lebih efisien dan efektif, tidak ribet dan ekonomis dari sisi pemakaiannya. Sangat praktis, siapapun bisa mengoperasikannya. Dari sisi keamanan, juga sangat terjaga," jelas Ricky.


Mewakili rekan-rekan asosiasi hotel di Gili Trawangan, Ricky juga mengucapkan terima kasih karena telah melibatkan pelaku usaha dan memberikan apresiasi kepada PLN yang telah menginisiasi Sasambo Electrifying Lifestyle. 


Terpisah, Manager PLN UP3 Mataram, Wiedhyarno Arief, mengatakan, bahwa  konversi kompor gas ke kompor induksi merupakan salah satu langkah membangun kemandirian energi, karena ketergantungan terhadap impor LPG akan berkurang.


“Selain ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara, penggunaan peralatan listrik tentunya merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan program konversi energi yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Seperti hari ini, sudah ada beberapa masyarakat yang menukarkan kompor gas-nya dengan kompor listrik”, jelas Wiedhy.


Wiedhy berharap, pihaknya dapat membentuk ekosistem terkait penggunaan peralatan listrik dan penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. (R/L..).

TerPopuler