Lawan Berita Hoaks, Unram Gelar Bimbingan Teknis Kehumasan -->

Lawan Berita Hoaks, Unram Gelar Bimbingan Teknis Kehumasan

Selasa, 05 Maret 2024, Selasa, Maret 05, 2024

 












MATARAM, BL - Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof Bambang Hari Kusomo meminta jajaran humas di lingkup rektorat,  fakultas dan unit di Unram melawan berita hoaks.


Hal itu menyusul, munculnya berita hoaks yang kian marak telah menimbulkan kegaduhan. 


"Jangan biarkan hoaks merajalela mengalahkan kalian. Maka, lawanlah kejahatan itu dengan kebenaran," ujar Prof Bambang saat membuka Bimbingan Teknis Kehumasan Unram yang berlangsung di lantai III Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unram, Selasa 5 Maret 2024. 


Menurut Guru Besar Fakultas Pertanian Unram ini, berita hoaks yang sempat viral baru-baru ini terkait penutupan Rumah Sakit Unram hingga rencana PHK karyawan di RS setempat, sempat meresahkan. 


Padahal, informasi itu disebarkan secara sengaja oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk membuat kegaduhan. 


"Apakah benar penutupan RS dan PHK itu. Kan enggak benar semuanya, ini yang saya maksud untuk kita semua menjadi Humas itu adalah untuk tidak membiarkan yang enggak benar itu menjadi benar,. Tapi bagaimana kita melawannya," kata Prof Bambang. 


FOTO. Prof Bambang Hari Kusumo. 



Lebih lanjut dikatakannya, Bimbingan Teknis Kehumasan Unram yang diikuti sebanyak 48 orang ini, adalah kali pertama diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas para pranata Humas sesuai standar kehumasan dan berita yang layak. 


Terlebih, kecepatan dalam menyampaikan informasi menjadi kunci dalam era media digital yang bergerak cepat. 


"Maka, sebarkan informasi positif itu melalui kanal media sosial yang kita miliki. Mulai Facebook, tiktok, Twitter hingga YouTube kita masing-masing. Ini untuk kita melawan berita hoaks dengan informasi positif sebagai kunci dalam dunia yang serba cepat di era now saat ini," jelas Rektor. 


Prof Bambang menambahkan bahwa informasi menjadi sarana penting untuk membuka peluang dan memberikan kesempatan kepada para stakeholder untuk mengenal potensi Unram . 


Untuk itu, humas yang ada pada satuan kerja di Unram, harus memiliki semangat belajar dalam mengikuti arus transformasi. Salah satunya humas rumah sakit. 


“Walaupun secara generasi kita sudah tertinggal, tetapi tidak ada yang nggak mungkin. Jadi, kita harus banyak belajar dengan semangat belajar untuk membangun citra positif di kampus kita masing-masing dengan berita positif," ungkap dia. 



*Beri Citra Positif 



FOTO. Wila, Humas RS Unram saat menyampaikan pertanyaan pada Bimtek Kehumasan 



Sementara itu, Ketua Panitia Bimbingan Teknis Kehumasan Unram,  Khairul Umam, mengatakan bahwa kegiatan ini kali dilakukan sejak Unram berdiri. Harapannya, adanya kegiatan ini akan dapat memberi citra positif dalam rangka menaikkan Unram di kancah nasional. 


"Kegiatan ini di ikuti sebanyak 48 orang. Mereka terdiri dari humas universitas, fakultas dan penunjang akademik. Nantinya puluhan peserta ini akan langsung melakukan praktek untuk menulis berita," kata Khairul Umam.


Diketahui, dua pemateri kegiatan ini yakni Fahrul Mustofa (Kepala Biro POS BALI NTB) dan Zulhakim (Redaktur Lombok Post). Di mana, dalam sesuai diskusi umumnya para peserta merasa antusias terhadap penyampaian materi tersebut. 


"Ini kegiatan bagus, bila perlu terus rutin dilakukan, sehingga kami memperoleh bahan ilmu dan wawasan terkini terkait penulisan berita. Termasuk bagaimana ada SOP yang disepakati untuk semua Humas yang ada di lingkup Unram dalam rangka penulisan berita ini," ungkap Wila, Humas RS Unram seraya menghaturkan terima kasih pada Rektor dan Humas Unram yang menggelar kegiatan ini. (R/L..) 


TerPopuler