Perjuangkan Kemajuan Ekonomi Ponpes, TGH Hazmi "Panen" Dukungan Ulama Pulau Lombok Maju Pileg 2024 -->

Perjuangkan Kemajuan Ekonomi Ponpes, TGH Hazmi "Panen" Dukungan Ulama Pulau Lombok Maju Pileg 2024

Sabtu, 18 November 2023, Sabtu, November 18, 2023

 

FOTO. Silaturahmi TGH Hazmi Hamzar dengan TGH.Kamalsyah (dua kiri) Bakan, Lombok Tengah. 













MATARAM, BL - Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI Dapil NTB-2 (Pulau Lombok), TGH Hazmi Hamzar berkomitmen akan terus memperjuangkan kemajuan ekonomi pondok pesantren (Ponpes) di wilayah Pulau Lombok. 


Hal itu menyusul, dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, telah termaktub bahwa selain berfungsi sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah, pesantren juga memiliki fungsi sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat. 


"Jadi, peran penting ponpes juga terlihat dalam kemampuan untuk memajukan ekonomi umat. Inilah yang akan saya dorong dan perjuangkan jika terpilih menjadi wakil rakyat di kursi Senayan," ujar Hazmi dalam keterangan tertulisnya pada BERITA LOMBOK, Sabtu 18 November 2023. 




FOTO. TGH Habiburrahman, salah satu pimpinan Ponpes Qomarul Huda, Bagu, Loteng (kanan) saat bersama TGH Hazmi Hamzar. 




Menurut Anggota DPRD NTB ini, dari sejumlah kunjungan silaturahminya dengan para ulama pimpinan ponpes di wilayah Lombok Tengah (Loteng), Lombok Timur (Lotim) hingga Kabupaten Lombok Utara (KLU). Di antaranya, Ustad Munawir Ilham di Yayasan Pendidikan dan Sosial Al-Ilhamiyah (Ya' Alim) Lendang Telaga, Desa Wajageseng, Kacamatan Kopang, Lombok Tengah (Loteng).


Selanjutnya, TGH Habiburrahman, salah satu pimpinan Ponpes Qomarul Huda, Bagu, Loteng. Berikutnya, Pimpinan Ponpes Nurul Muhsinin TGH Daud Muhsin. Serta, TGH.Kamalsyah, Bakan, Lombok Tengah. 


Umumnya, para tokoh agama di Pulau Lombok mengapresiasi konsep ekonomi ponpes yang akan diperjuangkan oleh Tuan Guru Hazmi. 


Terlebih, pengembangan kemandirian ekonomi  pesantren, sudah diterapkan oleh Tuan Guru Hazmi dengan merintis pendirian STIE Hamzar di Mamben, Kabupaten Lombok Timur hingga kini.


Di mana, lulusan STIE Hamzar, dikenal tidak hanya pandai menghafal Al-Quran. Namun mereka saat kembali ke kampung halamannya masing-masing, terbukti mampu menjadi pengusaha, sehingga mapan secara ekonomi. 


"Wajarlah kalau kita memberikan dukungan pada TGH Hazmi Hamzar di Pileg 2024. Ini karena konsep pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di lingkungan sekitar pesantren sudah mampu beliau terapkan," ujar TGH.Kamalsyah, Bakan, Lombok Tengah. 




FOTO. TGH Daud Muhsin (tengah) selaku Pengasuh Ponpes Nurul Muhsinin, Lombok Tengah saat menerima kunjungan silaturahmi TGH Hazmi Hamzar. 


Hazmi mengaku, kaum santri dan lingkungan ponpes memiliki kontribusi besar dalam perjuangan membangun bangsa, bahkan sejak era pergerakan kemerdekaan hingga saat ini. 


Semangat dan keteladanan inilah yang dapat menjadi esensi untuk mendukung perkembangan ekonomi kerakyatan di tanah air.


"Kenapa saya fokus mengusung ekonomi pesantren jika terpilih di DPR RI. Ini karena dengan kita mengakselerasi ekonomi kerakyatan berbasis pesantren dan komunitas. Tentunya,  ekonomi nasional dapat cepat pulih dan mendorong kebangkitan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Utamanya, di Provinsi NTB," jelas Hazmi. 


Lebih lanjut dikatakannya, dukungan para tokoh agama dari sejumlah lembaga pendidikan ponpes pada dirinya kali ini, tentunya akan membuat Hazmi terpacu untuk bagaimana bisa menguatkan kapasitas ekonomi rakyat. 


"Insya Allah, gagasan saya bahwa Pesantren  menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat niscaya akan bisa kita lakukan di NTB. Apalagi, dengan sentuhan teknologi, dan jaringan yang saya miliki, maka transformasi peningkatan ekonomi ponpes dan lingkungannya, akan bisa kita wujudkan," tandas Tuan Guru Hazmi. (R/L..).

TerPopuler