Itjen Kemenag Tunjuk UIN Mataram Jadi Pilot Project Penguatan Kapabilitas SPI -->

Itjen Kemenag Tunjuk UIN Mataram Jadi Pilot Project Penguatan Kapabilitas SPI

Kamis, 19 Oktober 2023, Kamis, Oktober 19, 2023
FOTO. Rektor UIN Mataram Prof Dr. Masnun Tahir (kanan) saat menyaksikan penandatanganan komitmen penguatan SPI yang dilakukan oleh Ketua SPI UIN Mataram, Dr. Gazali, SH. MH. PIA. CRPM. 












MATARAM, BL - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Prof Dr. Masnun Tahir menandatangani komitmen penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) bersama Ketua SPI UIN Mataram, Dr. Gazali, SH. MH. PIA. CRPM. 


Penandatangan komitmen ini dilakukan di Gedung Rektorat Kampus 2 UIN Mataram, Kamis  19 Oktober 2023, tidak lain sebagai rangkaian pendampingan penguatan kapabilitas SPI oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama.


“Ini merupakan bentuk komitmen UIN Mataram untuk memperbaiki SPI secara struktur maupun langkah lainnya menuju arah perbaikan," ujar  Prof Masnun dalam sambutannya.


Menurut Prof Masnun, pihaknya dipercaya sebagai pilot project yang pertama. Karena itu, dengan segala perangkat yang ada. Mulai  dokumen dan sumber daya. Tentunya, penguatan SPI ini dapat menjadi percontohan untuk semua kampus PTKN di Provinsi NTB.  


"Alhamdulillah, UIN Mataram merupakan satu dari tujuh PTKN, yang menjadi pilot project penguatan kapabilitas SPI yang dilakukan oleh Itjen Kemenag," tegas dia. 


Sementara itu, Ketua Tim Penguatan Kapabilitas SPI, Darwanto mengaku, berterima kasih atas apresiasi kepada Rektor dan seluruh jajaran pimpinan UIN Mataram yang mendukung proses penguatan kapabilitas SPI dari pemetaan hingga implementasi.


“Alhamdulillah, kita berkomitmen semua, Pak Rektor, SPI dan semua unsurnya. SPI kuat untuk SPI sendiri. Penguatan kapabilitas SPI ini untuk kebaikan UIN Mataram.” katanya.


Menurut Darwanto, penguatan kapabilitas SPI, merupakan langkah untuk memperkuat positioning SPI. “Untuk itu, harus dipahami jika nantinya ada pergeseran tugas maupun aktivitas yang sedikit banyak berbeda," ucap dia.


"Penguatan positioning SPI, adalah untuk pergeseran tugas.  Sebab, SPI akan melakukan aktivitas yang banyak berbeda," sambung Darwanto. 


Sebelumnya Tim Itjen Kemenag telah melakukan pendampingan materi terkait dengan penguatan komitmen disampaikan oleh Auditor Itjen, Muhammad Fajar Ilham. 


Materi tersebut berkaitan dengan tiga aspek, yaitu kelembagaan, SDM, serta pengawasan. 


"Menjadi keniscayaan dalam proses program peningkatan kapabilitas SPI yang diinisiasi oleh Itjen Kemenag. Diperlukan penguatan kompetensi dan SDM yang mumpuni khususnya dalam program wawasan pengawasan," tandas Muhammad Fajar Ilham. 031. 

TerPopuler