Sisihkan 102 Peserta, Dinda Adiya Lestari Gondol Juara Pertama Lomba Ceramah Ramadhan 2023 Undikma -->

Sisihkan 102 Peserta, Dinda Adiya Lestari Gondol Juara Pertama Lomba Ceramah Ramadhan 2023 Undikma

Sabtu, 15 April 2023, Sabtu, April 15, 2023


FOTO. Inilah para peringkat satu hingga enam yang meraih juara lomba Ceramah Ramadhan 2023 yang diselenggarakan Undikma secara virtual.















MATARAM, BL - Dinda Adiya Lestari, akhirnya  terpilih sebagai Juara pertama  Lomba Ceramah Ramadhan 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) secara virtual. 


Siswi SMK Islam Raudhatul Azhar Masbagik itu, mengungguli sebanyak 102 siswa yang mendaftar dalam lomba yang diikuti oleh  38 SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Provinsi NTB tersebut. 


Ketua Panitia Ismail Marzuki mengatakan,  bahwa kegiatan lomba ceramah Ramadhan sudah dilaksanakan sejak tahun 2021. Di mana, kegiatan ini, rutin digelar setiap bulan ramadan.


Karena itu, hal itu selalu disambut antusias oleh siswa/siswi sekolah. "Ini dibuktikan, setiap tahun jumlah pendaftar selalu mengalami peningkatan," kata Ismail dalam siaran tertulisnya, Sabtu (15/4). 


Menurut dia, di tahun 2023 ini, jumlah peserta mencapai sebanyak 102 siswa yang berasal dari 38 SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Provinsi NTB. Di mana,  jumlah ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan lomba tahun sebelumnya yang hanya berjumlah sebanyak 75 peserta. Serta, dari 20 sekolah. 


"Alhamdulillah, Lomba Ceramah Ramadhan semakin diminati dan untuk tahun ini  peserta dominan berasal dari sekolah-sekolah negeri," ujar Ismail. 


Bang Mail, panggilan karib pria kelahiran Kotaraja Kabupaten  Lombok Timur itu, mendaku bahwa teknis lomba ceramah yang dilakukan seara virtual ini. Yakni, serupa  peserta  diharuskan mengirim video ceramah yang mereka buat dengan ketentuan yang ditetapkan panitia.


Selanjutnya, video dinilai oleh 3 orang juri yang berasal dari unsur tenaga pendidik (dosen) di Universitas Pendidikan Mandalika.


"Adapun komponen yang dinilai adalah kesesuaian tema, judul dan is ceramah, sistematika penyampaian ceramah, penggunaan bahasa yang baik dan santun, substansi, intonasi, gaya/mimik dan improvisasi, ketepatan waktu dan busana," jelas Ismail. 


Ia menegaskan, setelah dilakukan penilaian oleh para dewan juri terlihat raihan angka antar peserta sangat tipis. Hal ini mengakibatkan persaingan ketat.


Namun dari ratusan peserta kali ini, juara yang terpilih. Yakni, Juara 1 : Dinda Adiya Lestari (SMK Islam Raudhatul Azhar Masbagik Lotim), Juara 2 : Desy Kurnia Dewi (MAN 1 Lombok Timur),  Juara 3 : Dinda Cahyani Arsinta (MAN 1 Mataram), Juara 4 :  Dimas Wahyu Budiman (SMAN 1 Labuhan Haji).


Selanjutnya, Juara 5 : Fadhil Ahmad (SMAN 1 Seteluk Sumbawa Barat). Serta, Juara 6 :  Fahra Fadila (SMAN 1 Empang Sumbawa).


Sementara itu, Rektor Universitas Pendidikan Mandalika Prof. Kusno, DEA.,Ph.D, mengaku pihaknya menghaturkan ucapan terima kasih pada sekolah dan peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam rangka  mengikuti Lomba Ceramah Ramdhan tahun ini. 


"Insya Allah, tahun 2024 kita akan laksanakan kembali. Semoga yang belum berhasil menjadi juara bisa sukses pada lomba tahun berikutnya" kata Rektor. 


Guru Besar Matematika jebolan Prancis ini,  mengatakan, bahwa kegiatan Lomba Ceramah Ramadhan dilaksanakan untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang ceramah agama.


"Yang utama, adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat video dan agar siswa mengisi waktu mereka dengan hal-hal yang positif dan produktif," tandas Prof Kusno. (R/L..).


TerPopuler