Wujudkan SMK Industrialisasi melalui Kantin Pujasera SMKN 1 Sikur -->

Wujudkan SMK Industrialisasi melalui Kantin Pujasera SMKN 1 Sikur

Minggu, 08 Januari 2023, Minggu, Januari 08, 2023



FOTO. Kabid SMK Dikbud NTB M. Khairul Ikhwan (kanan) saat melaunching kantin sekolah Pujasera SMKN 1 Sikur, Lotim





MATARAM, BL - Kantin Pujasera SMKN 1 Sikur di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mulai dioperasionalkan di awal tahun 2023. Diharapkan, keberadaanya akan bisa mempermudah para siswa dan guru dalam penyiapan makanan dan minuman. 


Kabid SMK Dikbud NTB M. Khairul Ikhwan yang berkesempatan melaunching Kantin Pujasera itu, mengatakan bahwa keberadaan kios mini ini akan dapat menjadi bagian dari praktik para siswa dalam rangka ikut terlibat sebagai pelaku wirausaha.


Hal ini, lantaran proses pembelajaran SMK telah mulai spesifik pada kebutuhan pasar. "Adanya Kantin Pujasera, akan dapat membuat lulusan SMK bisa menjadi pengusaha," kata dia, Sabtu (7/1).


Ikhwan mendaku bahwa dengan pembelajaran kurikulum SMK yang difokuskan pada profesionalitas sesuai jurusannya. Maka, hal ini akan dapat membuat para siswa dapat  langsung mempraktikkan ilmu yang diperolehnya. 


"Yang pasti paradigma SMK sekarang ini, fokus menanamkan siswa untuk menjadi calon wirausaha secara mandiri dan profesional, " ucap dia. 


Sementara itu, kepala SMKN 1 Sikur,  Hasbi Ahmad, mengatakan bahwa pihaknya sudah mulai fokus menerapkan kelas wirausaha. Hal ini tidak lain menindak lanjuti menyukseskan program SMK Industrialisasi yang dicanangkan oleh Gubernur dan Dikbud NTB. 


"Alhamdulillah, SMKN 1 Sikur lebih fokus untuk menjalani program ini, salah satunya yang SMKN 1 SIKUR lakukan juga yaitu AWSOME (Aktivitas Wirausaha Sekolah Menyenangkan) yang di jadwalkan pada hari sabtu, di situlah aktivitas guru dan siswa lebih fokus dalam mempraktikkan wirausaha melalui Penguatan Project Profil Pelajar Pancasila dan penerapan 11 SMK Gemilang Karya," jelas Hasbi Ahmad. (R/L..).

TerPopuler