Sejahterakan Nelayan Kawasan Mandalika, ITDC Luncurkan SPBU The Mandalika 54.835.14 -->

Sejahterakan Nelayan Kawasan Mandalika, ITDC Luncurkan SPBU The Mandalika 54.835.14

Jumat, 20 Januari 2023, Jumat, Januari 20, 2023

 

FOTO  Inilah SPBU The Mandalika 54.835.14, yang hadir di kawasan Mandalika Lombok Tengah. Selanjutnya, SPBU ini akan dikelola oleh anak perusahaan ITDC yakni, PT. ITDC Nusantara Utilitas. 







MATARAM, BL - PT ITDC Nusantara Utilitas, anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC),  turut serta dalam mewujudkan program energi berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat  yang terus digaungkan oleh Pemerintah melalui penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang merata di seluruh wilayah Indonesia.


Energi berkeadilan menjadi bagian bakti nyata PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) untuk bangsa Indonesia dengan menyediakan BBM dengan harga terjangkau bagi masyarakat sekitar kawasan pariwisata The Mandalika di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) The Mandalika 54.835.14 yang merupakan salah satu kegiatan usaha ITDC NU.


Menandai penyediaan BBM dengan harga terjangkau tersebut, ITDC NU menggelar peresmian penyaluran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) Minyak Solar atau BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14. 


Nantinya, penyediaan BBM Solar Subsidi ini merupakan hasil kerjasama antara ITDC NU dengan Badan Pengatur Hilir Minyak & Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina Patra Niaga.  


Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung terwujudnyan penyaluran BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14 melalui anak usaha PT ITDC Nusantara Utilitas.


Menurut dia, penyedian BBM Solar Subsidi ini, merupakan wujud perhatian ITDC kepada masyarakat sekitar kawasan The Mandalika yang memiliki aktivitas sebagai petani dan nelayan.


"Bantuan ini akan memberikan manfaat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar Desa Penyangga dan bagi pengunjung di kawasan The Mandalika dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan maju," ujar Troy dalam siaran tertulisnya, Jumat (20/1).


Sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Republik Indonesia tentang Kuota Volume Penyalur Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu Tahun 2023 tanggal 23 Desember 2022, SPBU The Mandalika 54.835.14 dibawah kepemilikan PT ITDC Nusantara Utilitas mendapatkan Kuota Volume JBT Minyak Solar untuk Tahun 2023 sebesar 2.989 kilo liter. 


Kuota volume JBT Minyak Solar ini menjadi langkah awal bagi ITDC NU untuk memenuhi kebutuhan BBM Solar Subsidi bagi masyarakat sekitar Kawasan yang berhak untuk mendapatkan BBM Solar Subsidi tersebut. 


Adapun kriteria masyarakat yang berhak untuk mendapatkan BBM Solar Subsidi ini telah diatur dan tercantum dalam Lampiran Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. 


Sementara itu, Direktur Utama PT ITDC Nusantara Utilitas, A.A. Istri Ratna Dewi, menjelaskan bahwa penyaluran BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14 ini, merupakan terobosan baru yang berhasil dilakukan ITDC NU dengan dukungan Bupati Lombok Tengah.


Harapannya, hadirnya SPBU ini, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Terlebih, hal ini, sejalan dengan program Pemerintah menyalurkan BBM Solar Subsidi secara tepat sasaran dan tepat guna, yaitu sesuai dengan kriteria konsumen pengguna yang berhak mendapatkan BBM Solar Subsidi tersebut. 


"Terwujudnya kehadiran energi berkeadilan bagi masyarakat kawasan The Mandalika dan sekitarnya ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh ITDC kepada ITDC NU," tegas Ratna Dewi.  


Kualitas hidup masyarakat yang meningkat sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi sekitar KEK Mandalika, yang akan berdampak pada peningkatan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) khususnya di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 


“Besar harapan kami terobosan penyediaan dan pendistribusian BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14 ini, akan menjadi motivasi bagi PT ITDC Nusantara Utilitas untuk terus mengembangkan kegiatan usahanya dalam menghadirkan energi berkeadilan lainnya di seluruh penjuru Nusantara," ungkap Ratna. (R/L../.


TerPopuler