Percepat Penanganan Stunting, DPC dan Fraksi PDIP Mataram Gelar Masak Menu Sehat dan Gizi Seimbang -->

Percepat Penanganan Stunting, DPC dan Fraksi PDIP Mataram Gelar Masak Menu Sehat dan Gizi Seimbang

Senin, 23 Januari 2023, Senin, Januari 23, 2023

 

FOTO. Ketua DPC PDIP Kota Mataram, Made Slamet bersama Sekretaris DPD PDIP NTB HL. Budi Suryata saat menyaksikan aksi kader PDIP Mataram saat memasak menu makanan sehat dan bergizi. 





MATARAM, BL - DPC PDIP Kota Mataram bersama dengan Fraksi PDIP DPRD setempat melaksanakan pemberian makanan sehat bergizi bagi keluarga stunting. 


Kegiatan itu, digelar di kantor DPD PDIP NTB di Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram,  Senin (23/1).  Kolaborasi dilakukan untuk percepatan penanganan kasus stunting, sekaligus merayakan hari ulang tahun ke-76, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berulang tahun ke-76 tepat pada hari ini. 


Tercatat, angka penderita stunting di Kota Mataram kini telah turun menjadi 17,33 persen berdasarkan data aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) per 1 September 2022 lalu.  


Data yang sudah masuk berdasarkan perhitungan terakhir itu sudah lebih dari 94 persen. 


FOTO. Ucapan selamat HUT Ketua Umum DPP PDIP Hj. Megawati Soekarnoputri. 


Ketua DPC PDIP Kota Mataram, Made Slamet MM, mengatakan, penurunan angka stunting di ibukota provinsi NTB itu, tidak lepas dari andil dan peranan Fraksi PDIP DPRD setempat yang terus mengawal kebijakan Pemkot setempat. 


Terlebih, hal itu, merupakan instruksi DPP PDIP yang meminta semua kekuatan partai, ikut turun membantu penanganan stunting. 


"Yang pasti, DPP PDIP memberikan perhatian serius dalam penanganan stunting termasuk di Kota Mataram. Maka, penurunan angka stunting, harus terus dikawal, karena ini adalah kebijakan DPP yang wajib diamankan semua institusi partai," ujar Made Slamet di sela-sela peringatan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri di kantor DPD PDIP NTB di Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram, Senin (23/1). 


Pada kegiatan peringatan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri yang juga merupakan rangkaian HUT PDIP ke-50, fokus yang dilaksanakan, adalah gerakan hidup sehat secara serentak di seluruh Indonesia.


Aksi itu bakal diwujudkan dengan membuat dapur umum dan kegiatan memasak yang melibatkan masyarakat setempat dengan menu sajian murah meriah, sehat, dan bergizi.


FOTO. Ketua DPD PDIP NTB H. Rachmat Hidayat (kiri) saat berdialog dengan jajaran pengurus PAC Cakranegara terkait menu masakan yang tengah mereka masak. 


Untuk itu, DPC PDIP Mataram melakukan pembagian menu makanan olahan dari pangan pengganti nasi atau beras. 


Hal ini sebagai tindak lanjut dari instruksi langsung dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 


Teknisnya, semua DPC di wilayah setempat diharuskan memasak sesuai menu yang sudah disepakati saat rapat harian DPC dan PAC, beberapa hari lalu. 


"Untuk pembagian menunya. Yakni, untuk menu Siomay Daging Ayam  (PAC Mataram),  untuk PAC Sandubaya menu Kelepon Ubi Ungu. Selanjutnya, Sate Ubi Keju Coklat untuk PAC Ampenan, Puding Jagung/Labu bagi PAC Selaparang. Berikutnya, Pangsit Tahu untuk PAC Cakranegara dan Nugget Tempe Isi Telur Puyuh yang menjadi sajian PAC Sekarbela," jelas Sekretaris DPC PDIP Kota Mataram, Nyayu Ernawati. 



FOTO. Sekretaris DPC PDIP Kota Mataram, Nyayu Ernawati (kanan) saat mendampingi Ketua DPD PDIP NTB mencoba menu makanan yang berbahan non beras. 


Usai melakukan kegiatan masak itu. Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Mataram itu, bersama para kader PDIP di wilayah setempat, membagikan makanan hasil olahan untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat, ibu hamil, dan anak-anak.


"Hal ini, tidak lain untuk mencegah stunting, sesuai yang di instruksikan oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan terus diingatkan oleh Ketua DPD PDIP NTB, Haji Rachmat Hidayat," tegas Nyayu. 


Dalam kesempatan itu, Made menambahkan bahwa, pihaknya bersama kader PDIP di wilayah Kota Mataram, tak lupa akan selalu memanjatkan doa pada Ketua Umum Hj. Megawati Soekarnoputri, agar Tuhan Yang Maha Esa,  senantiasa memberikan kesehatan.


"Dengan semangat ibu Ketua Umum, maka itu menjadi semangat yang luar biasa untuk selalu membimbing kami dalam mewujudkan Indonesia raya yang maju sesuai yang di cita-citakan pendiri bangsa, Bung Karno," tegas Made menjelaskan. (R/L..) 



TerPopuler