Memasak Menu Makanan dari Pangan Non Beras, Cara PDIP NTB Peringati HUT ke-76 Ketua Umum Hajjah Megawati -->

Memasak Menu Makanan dari Pangan Non Beras, Cara PDIP NTB Peringati HUT ke-76 Ketua Umum Hajjah Megawati

Senin, 23 Januari 2023, Senin, Januari 23, 2023

 

FOTO. Ketua DPD PDIP NTB H. Rachmat Hidayat (kiri) saat mencoba makanan olahan non beras yang dimasak para kader PDIP Kota Mataram di kantor DPD PDIP NTB. 





MATARAM, BL - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berulang tahun ke-76 tepat pada hari ini, Senin (23/1). 


Seluruh kader partai berlambang banteng di Indonesia,  turut memberikan hadiah spesial untuk putri proklamator RI itu, tak terkecuali PDI Perjuangan Provinsi NTB. 


Ketua DPD PDIP NTB, H. Rachmat Hidayat, mengatakan, peringatan HUT ke-76 Megawati, terasa spesial. Sebab, bertepatan juga dengan momen  dengan 1 Rajab 1444 Hijriyah merujuk kalender Hijriah. 


Karena itu, Ketua Umum menghendaki agar peringatan hari kelahirannya, tidak dilakukan secara hura-hura. 


"Bu Mega hanya ingin sejak lama, bahwa tradisi perayaan hari ulang tahunnya difokuskan untuk menanam pohon dan melakukan aksi bersih sungai. Ini sudah lama kita diperintahkan, yakni sejak tahun 2003 lalu," tegas Rachmat saat menyampaikan sambutannya pada peringatan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri di kantor DPD PDIP NTB di Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram, Senin (23/1).



FOTO. Para kader PDIP Kota Mataram tengah mempertontonkan kepiawaiannya memasak pangan non beras dihadapan Ketua DPD PDIP NTB H. Rachmat Hidayat. 


Dalam kegiatan peringatan hari ulang tahun Megawati Soekarnoputri kali ini. DPD PDIP NTB bersama DPC PDIP Kota Mataram, berkolaborasi bersama membuat dapur umum dan kegiatan memasak yang melibatkan masyarakat setempat dengan menu sajian murah meriah, sehat, dan bergizi.


Menurut Haji Rachmat, membiasakan memasak dengan mengolah bahan makanan yang berasal dari pangan pengganti nasi atau beras, merupakan inisiatif langsung dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 


Sebab, hal itu menjadi perhatian utama, dalam rangka menjaga tumbuh kembang anak bangsa untuk mengatasi kasus stunting di Indonesia 


"Jadi inisiatif Ibu Ketua Umum untuk menjaga keberlanjutan generasi bangsa, adalah bukti budi luhur yang beliau tanamkan pada kita sebagai anak-anaknya," ucap dia. 


FOTO. Antusiasme kader PDIP Kota Mataram saat mengikuti kegiatan memasak pangan non beras. 


Politisi kharismatik NTB itu, mendaku, bahwa kegiatan yang kini dilakukan. Mulai memasak dengan bahan pengganti nasi dan menanam pohon kali ini, juga dilakukan di semua wilayah di Indonesia. 


Di mana, Rachmat sempat menceritakan bahwa ia diperintah Ketua Umum saat tahun 2003 lalu, saat momen peresmian tower di kediamannya, yakni Megawati kala itu, menyempatkan mencanangkan penanaman pohon Manggis 


"Di situ, Bu Mega berpesan bahwa tanaman Manggis ini harus dipelihara. Karena apapun  tanaman jika dipelihara, maka hasilnya bisa sampai kapanpun dinikmati. Dan, Alhamdulillah itu membekas sampai sekarang, tanaman Manggis yang dicanangkan Ibu Mega di rumah saya, sampai hari ini, dinikmati oleh para kader PDIP hingga masyarakat umum," jelas dia. 


Ia menegaskan, bahwa perintah Ketua Umum terkait penanaman pohon di pekarangan rumah dan kantor partai, harus dipatuhi. 


Sebab, Megawati sudah dapat memprediksi bahwa bangsa Indonesia akan kekurangan bahan makanan, lantaran harga kebutuhan pokok kini terus meroket harganya. 


"Jadi, Ibu Mega itu, kalau sudah memerintahkan kader, jangan pernah dilalaikan. Camkan itu, kan benar apa yang Ibu perintah. Kini terbukti. Maka, memasak dengan pangan olahan non beras untuk mengatasi stunting, harus kita laksanakan. Ini karena manfaatnya akan dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas," ujar Rachmat menegaskan. 


FOTO. Para kader PDIP NTB bersama kader PDIP Kota Mataram saat menghadiri kegiatan memasak makanan non beras yang merupakan kado HUT Ketua Umum PDIP, Hj. Megawati Soekarnoputri ke-76 di kantor DPD PDIP NTB. 


Dalam kesempatan itu. Ia meminta pada semua ketua DPC kabupaten/kota di NTB, agar segera melaporkan kegiatan mereka masing-masing sebelum tanggal 28 Januari dalam rangka mengisi HUT Megawati Soekarnoputri ke-76, serta rangkaian memperingati HUT PDI Perjuangan yang ke-50. 


"Laporan yang kita buat harus bukan sekadar menanam pohon, tapi harus dirawat tanaman itu secara utuh dan berlanjut. Ini akan saya terus pantau agar kader PDIP NTB tertib pada aturan yang sudah menjadi instruksi DPP PDIP," papar Rachmat. 


FOTO. Ucapan selamat ulang tahun Ketua Umum Hj. Megawati Soekarnoputri. 


Ia mengajak, para kader PDIP NTB, untuk memanjatkan doa pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa (YME), agar  ketua umum PDIP, selalu diberikan kesehatan dan umur panjang.


"Karena hanya dengan kekuatan doa kita semua, beliau (Bu Mega) akan selalu dijaga oleh Allah SWT, tentunya  dalam perjalanannya memimpin bangsa yang kita cintai," tandas Rahmat Hidayat. (R/L..).

TerPopuler