Jaga Keberlanjutan Pertanian Kembang Kerang, Mahasiswa KKN Tematik Latih Warga Kembangkan Pupuk Organik -->

Jaga Keberlanjutan Pertanian Kembang Kerang, Mahasiswa KKN Tematik Latih Warga Kembangkan Pupuk Organik

Sabtu, 21 Januari 2023, Sabtu, Januari 21, 2023

 

FOTO. Kegiatan Sosialisasi Mahasiswa KKN Tematik Unram, Desa Kembang Kerang. 

 




MATARAM, BL - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik (KKN-T) Universitas Mataram (Unram), Desa Kembang Kerang, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menggelar Sosialisasi  Pembuatan Pupuk Organik Berbasis Limbah Rumah Tangga di kantor desa setempat, Rabu (4/1). 


Dalam kegiatan itu, mahasiswa KKN mengundang Pemuda Tani Bonjeruk Organik (Bonjor) Lombok Tengah (Loteng) sebagai pembicara.


Terlihat antusiasme warga bersama aparat desa dan dusun dalam kegiatan yang dihajatkan mendukung pertanian maju dan berkelanjutan.


Sebab, mahasiswa merasa terpanggil, lantaran kelangkaan pupuk subsidi, justru terjadi akhir-akhir ini. Padahal, pupuk sangat dibutuhkan oleh para petani untuk menyuburkan tanaman mereka. 


Ketua Kelompok KKN Desa Kembang Kerang, Adi Kurniawan mengatakan, bahwa dihelatnya kegiatan sosialisasi kali ini, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik. 


"Harapan kami, melalui sosialisasi ini dapat menambah wawasan kita semua sehingga dapat memanfaatkan sampah organik yang ada di sekitar kita menjadi pupuk organik yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman pertanian," ujar dia dalam siaran tertulisnya, Sabtu (21/1). 


Kepala Desa yang diwakili Sekdes setempat, menambahkan, bahwa wilayahnya dikenal merupakan salah satu daerah di Kecamatan Aikmel yang memiliki potensi di bidang pertanian.


Hanya saja kendala yang dihadapi, terkait langkanya pupuk subsidi. "Adanya kegiatan  sosialisasi ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pembuatan pupuk organik sebagai langkah dalam mengatasi kelangkaan pupuk subsidi tersebut,” jelas Sekdes Kembang Kerang. (R/L..).

TerPopuler