Wujudkan Mimpi Gubernur, Dikbud NTB Gelar Expose SMK Dukung Industrialisasi NTB -->

Wujudkan Mimpi Gubernur, Dikbud NTB Gelar Expose SMK Dukung Industrialisasi NTB

Jumat, 09 Desember 2022, Jumat, Desember 09, 2022

 

FOTO. Gubernur NTB Zulkieflimansyah (dua kiri) bersama Kabid SMK Dikbud saat mengunjungi salah satu stand SMK yang mengikuti Expose SMK 2022 di LEM Kota Mataram.



MATARAM, BL -  Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi kiprah siswa SMK selama ini. Itu menyusul, adanya mesin-mesin yang sudah dihasilkan para siswa, sangat membantu kebangkitan industrialisasi yang menjadi program unggulan Pemprov NTB.


"Saya berkeliling NTB menyaksikan SMK kita berlomba-lomba memberikan hasil karya, inovasi baru, dan SMK kita sudah bisa membuat mesin-mesin untuk kebangkitan industrialisasi kita," ujar  Gubernur NTB saat membuka "Expose SMK 2022" dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun NTB, ke-64 di Lombok Epicentrum Mall, Kamis (8/12) kemarin.


Bang Zul, panggilan karib gubernur NTB itu, mendaku, jika ia sudah menugasi Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian, Kepala Bidang SMK, serta para guru untuk bisa mencetak lulusan-lulusan terbaik hingga mampu memegang serta memiliki perusahaan.


Sebab, ia memiliki impian bahwa para SMK luar NTB akan datang untuk belajar ke NTB.


"Jika ini terjadi, maka kita membawa perubahan yang luar biasa di tengah masyarakat kita. Karena bukan hanya seribu  bahkan puluhan ribu usahawan baru dihasilkan tiap tahunnya. Kalau semua lulusan SMK bisa jadi pengusaha, maka kita akan menuntaskan kemiskinan sehingga NTB walaupun provinsi kita kecil, cita-cita kita sangat besar untuk meletakkan dunia dalam genggaman kita," jelas Gubernur. 


Dalam kesempatan itu. Bang Zul juga telah meminta NTB Mall, agar bisa menjadi outlet-outlet output SMK. Harapannya, seluruh produk-produk SMK bisa dilihat oleh masyarakat luas seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.


Apalagi, lanjut Gubernur, situasi Pandemi covid-19 telah memberikan pelajaran berharga untuk masyarakat NTB dalam rangka terus belajar membangun industrialisasi. 


"Kini provinsi yang kecil ini tidak hanya bisa membuat masker, tiang infus, tetapi rapid antigen, sepeda listrik dan apapun bisa diciptakan di NTB," tegas Gubernur. 


Ia tak lupa mengucapkan selamat pada Bidang SMK Dikbud NTB yang sudah mampu membuat kegiatan expo kali ini. 


"Selamat buat SMK. Jadi, Expo ini adalah langkah awal kita untuk perjalanan ribuan miles dimasa yang akan datang. Bangga salut pada SMK," tandas Bang Zul.


FOTO. Aidy Furqon 


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB Aidy Furqon, mengatakan, kegiatan Expose SMK 2022 ini, adalah sebagai wujud untuk menunjukkan bahwa strategi belajar yang sudah dikembangkan dengan BJBL sejak tiga tahun lalu.


"Jadi, Pak Gubernur, kegiatan ini, sebagai upaya untuk mendukung industrialisasi dan mewujudkan visi misi NTB," ucap Aidy. 


Kadis Dikbud menegaskan, kegiatan Expose SMK 2022 ini, tidak lain adalah langkah berani Dikbud yang bermuara pada keinginan untuk meningkatkan daya saing siswa SMK di NTB. 


"Kegiatan ini, adalah upaya kita agar anak-anak kita bisa bersaing, sekolah-sekolah kita bisa menunjukkan hasil seperti yang bapak Gubernur saksikan beberapa tahun terakhir ini. Termasuk hari ini adalah expo yang kita laksanakan di tahun ke-3 dan wujud dari kerjasama kita dengan industri melalui strategi teaching factory yang sudah bapak presentasikan di Jakarta," tegas Aidy menjelaskan. 


FOTO. Inilah mobil balap ramah lingkungan yang dibuat oleh anak-anak SMKN 3 Mataram 


Kegiatan ini diikuti sebanyak 78 SMK Negeri dan la SMK Swasta. Sinergi sekolah negeri dan swasta akan menampilkan 53 produk, diantaranya ada olahan makanan, permesinan, komputer, batik busana, media tanam, bahan kecantikan, elektronika, brosur-brosur travel, kerajinan, jasa, souvernir, olahan bahan makanan ikan , olahan kimia, tanaman serta pupuk. 


Kegiatan ini juga dirangkaikan penandatanganan MoU dengan NTB Mall sebagai wujud hasil dari teaching factory sehingga produk-produk SMK nanti akan dipasarkan disana. Kegiatan ini juga di selenggarakan mulai hari ini hingga Sabtu.


"Rangkaian acara ini, pada hari Sabtu, akan kita laksanakan senam bersama sepuluh ribu siswa dan guru. Nanti, masing-masing mereka akan membawa sebiji telur, untuk kita sumbangkan kepada anak-anak stunting," ujar Kabid SMK Dikbud NTB, M. Khairul Ikhwan. (R/L..).

TerPopuler