Hasan Masat dan Ketut Nasib Terima Pengabdian Relawan 25 Tahun, Ketua PMI JK : "Saya Berterima Kasih Dedikasi dan Kinerja Relawan" -->

Hasan Masat dan Ketut Nasib Terima Pengabdian Relawan 25 Tahun, Ketua PMI JK : "Saya Berterima Kasih Dedikasi dan Kinerja Relawan"

Senin, 26 Desember 2022, Senin, Desember 26, 2022

 

FOTO. Suasana apel peringatan Hari Relawan PMI tahun 2022 di halaman Markas PMI NTB di Jalan Pejanggik, Kota Mataram.




MATARAM, BL - Relawan merupakan ujung tombak pelayanan dalam penanggulangan bencana. Keahlian dan semangat kebersamaan relawan merupakan kunci dalam pertolongan.


Hal itu dikemukakan Ketua Bidang Kesehatan PMI NTB, dr Nurhandini Eka Dewi saat membacakan sambutan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla saat apel peringatan Hari Relawan PMI tahun 2022 di halaman Markas PMI NTB di Jalan Pejanggik, Kota Mataram, Senin (26/12). 


Pada apel yang dihadiri jajaran pengurus dan staf PMI Provinsi, relawan, pembina PMR, siswa dan siswi PMR Wira dan Madya. Serta, KSR dan TSR unit perguruan tinggi se-Kota Mataram itu. Nurhandini didaulat menjadi inspektur upacara. Selanjutnya, Muhamad Najib Suryawan selaku komandan upacara. 



FOTO. Asisten III Setda NTB Nurhandini Eka Dewi saat membacakan sambutan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla. 


Nurhandini yang menjabat Asisten III Setda Provinsi NTB itu, mendaku bahwa pihaknya sangat memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Relawan PMI yang selama ini telah mengabdi pada tugas tugas kemanusiaan, dalam peringatan Hari Relawan PMI yang diperingati setiap tanggal 26 Desember di seluruh Indonesia itu. 


Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) NTB itu, tak lupa mengucapkan, Selamat Hari Relawan. Apalagi, sejak  bencana tsunami Aceh, Covid-19, gempa Cianjur hingga gempa Lombok dan sejumlah bencana hidrometeorologi. Mulai, hujan lebat disertai angin kencang, banjir dan tanah longsor.  Para relawan dengan sigap  bekerja tanpa lelah untuk mendampingi masyarakat.


“Saya berterimakasih atas kerja keras relawan yang selalu berada di garis depan di sejumlah bencana yang dihadapi masyarakat itu. Tugas mulia dalam rangka mengabdi dalam tugas kemanusiaan, hanya bisa Allah SWT,  Tuhan Yang Maha Esa yang membalasnya. Maka, saya mengapresiasi kerja keras relawan PMI yang bekerja tangguh selama ini,” jelas Nurhandini membacakan sambutan JK.


Dokter Eka, panggilan karib Asisten III Setda NTB itu, menegaskan, bahwa aktivitas relawan sudah tidak bisa dianggap sebagai sebuah kegiatan sampingan. Sebab, menurutnya relawan harus memiliki standar kompetensi keterampilan yang dapat dipertanggungjawabkan. 


“Relawan tidak bisa menjadi sampingan, relawan harus profesional,” tegas dia 


Dokter Eka lantas menerangkan profesionalitas yang dia maksud, yakni memiliki keterampilan yang dapat dipertanggung jawabkan ketika menolong korban. 


Selain itu juga memiliki peralatan yang sesuai standar profesional, utamanya dengan pelayanan ambulan.


“Profesional disini bukan secara ekonomi, tapi secara pelayanan, sesuai dengan misi PMI, profesional dan lebih dicintai masyarakat. Maka, jaga kesolidan,” kata dia. 


FOTO. Ketua PMI Provinsi NTB H. Ridwan Hidayat saat memberikan penghargaan pada dua orang relawan tangguh NTB. Salah satunya, Hasan Masat (Wakil Ketua PMI Loteng) yang sudah 25 tahun mendedikasikan dirinya sebagai Relawan PMI NTB. 




Dalam kesempatan itu, Dokter Eka tak lupa, mengingatkan pada para siswa dan siswi PMR Wira dan Madya. Serta, KSR dan TSR unit perguruan tinggi se-Kota Mataram, agar terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan dan skill dalam meningkatkan keterampilannya. 


"Minimal kalau kita sudah punya skill, tentu kita akan bisa membantu pada sesama kita. Utamanya, pada lingkungan kita masing-masing  Dan, kalau mau lanjut fokus ke program studi kebencanaan, itu sudah ada program magister S-2 di Universitas Indonesia," ungkap Nurhandini. 

FOTO. Ketua PMI Provinsi NTB H. Ridwan Hidayat saat memberikan penghargaan pada dua orang relawan tangguh NTB. Salah satunya, I Ketut Nasib (Relawan PMI Lobar),  yang sudah 25 tahun mendedikasikan dirinya sebagai Relawan PMI NTB. 



Dalam peringatan ini, Ketua PMI Provinsi NTB H. Ridwan Hidayat memberikan penghargaan pada dua orang relawan tangguh di NTB. Mereka yakni, Hasan Masat (Wakil Ketua PMI Loteng)  dan I Ketut Nasib (Relawan PMI Lobar). 


"Jadi kedua orang ini, adalah tokoh panutan relawan yang layak adik-adik PMR, KSR dan TSR di NTB teladani. Ini karena keduanya sudah mengabdi dan memberikan sumbangsihnya pada organisasi PMI selama 25 tahun," tandas Ridwan Hidayat. (R/L...).

TerPopuler