Peringati Hari Diabetes Dunia 2022, Holding BUMN Gelar Pengecekan Kadar Gula Gratis -->

Peringati Hari Diabetes Dunia 2022, Holding BUMN Gelar Pengecekan Kadar Gula Gratis

Kamis, 17 November 2022, Kamis, November 17, 2022

 

FOTO. Sejumlah masyarakat tengah memanfaatkan pemeriksaan dan pengecekan kadar gula secara gratis yang dilakukan Holding BUMN Farmasi dalam rangka menyambut Hari Diabetes Se-Dunia 2022. 


MATARAM, BL - Sebanyak 100 outlet klinik dan lab Kimia Farma di berbagai daerah di Indonesia menggelar pengecekan kadar gula darah gratis sejak tanggal 16 sampai 20 November 2022. 


Kegiatan tersebut merupakan program holding BUMN Farmasi sebagai rangkaian peringatan Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) yang diperingati setiap tanggal 14 November.


Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi Holding BUMN Farmasi bersama Novo Nordisk, perusahaan kesehatan global yang berkantor pusat di Copenhagen, Denmark.


“Holding BUMN Farmasi dan Novo Nordisk memiliki spirit bersama untuk mendorong Gerakan peningkatan pengetahuan dan disease awareness masyarakat, salah satunya mengalahkan diabetes dan penyakit kronis serius lainnya,” kata Honesty dalam siaran tertulisnya, Kamis (17/11). 


Ia mengatakan, pemeriksaan gula darah itu, sejalan dengan tren kesehatan di masa yang akan datang, yang menuntut industri kesehatan tidak hanya terbatas pada pengobatan dan pencegahan saja, melainkan sudah mulai merambah kepada pelayanan kesehatan, termasuk pembiayaan melalui asuransi kesehatan. 


Hal itu merupakan salah satu tujuan dari pembentukan Holding BUMN Farmasi yang terbentuk pada tahun 2020 lalu, yang dipimpin oleh Bio Farma, dengan PT Kimia Farma, Tbk dan PT Indofarma, Tbk sebagai anggotanya.


Honesty berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan layanan gratis tersebut mengingat kondisi Indonesia saat ini yang menempati urutan ke-6 dari sepuluh negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, bahkan 3 dari 4 orang terkena diabetes tanpa disadari.


“Deteksi dini diabetes perlu dilakukan. Untuk itu, kami mengundang seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan kegiatan pengecekan kadar gula darah gratis ini dengan mendatangi klinik kimia farma terdekat," ungkap Honesti.


Ia menambahkan, target pengecekan kadar gula darah gratis menyasar 10.000 orang di seluruh Indonesia. Kegiatan itu menurutnya berpotensi mendapatkan rekor MURI sebagai pemeriksaan kadar gula darah terbanyak,” tandas honesti. (R/L..).

TerPopuler