Penonton WSBK Mandalika 2022 Tembus Rekor, Menteri Erick : Keamanan dan Kenyamanan Fasilitas dan Sapras Mandalika jadi Kunci -->

Penonton WSBK Mandalika 2022 Tembus Rekor, Menteri Erick : Keamanan dan Kenyamanan Fasilitas dan Sapras Mandalika jadi Kunci

Kamis, 17 November 2022, Kamis, November 17, 2022



FOTO. Inilah para penonton yang membludak saat ajang WSBK Mandalika 2022.




MATARAM, BL  - World Superbike (WSBK)  2022, telah usai digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).


Event ini mampu memecahkan sejumlah rekor, salah satunya jumlah penonton yang mencapai 51.629 penonton selama tiga hari.


Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, rekor jumlah penonton yang tercipta menjadi bukti jika banyak hal positif terwujud atas Sirkuit Mandalika.


"Tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik terhadap gelaran dunia ini, juga kepercayaan terhadap keamanan Sirkuit Mandalika, serta kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11).


"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," sambungnya.


Erick mendaku, suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat. Selain itu, para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK, WSPP, dan IATC dapat menjadi duta Indonesia di mata dunia, termasuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia.


"Mereka akan menyebarkan kabar baik dan indah tentang Indonesia di luar negeri," ungkap Erick.


Sementara itu, Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Warokka, mengatakan, suksesnya acara ini menjadi bukti jika Indonesia bisa menjadi tuan rumah event berkelas dunia.


"WSBK Indonesian Round 2022 yang sukses digelar di Pertamina Mandalika Circuit ini menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan event kelas dunia. Sebagai promotor dan penyelenggara, kami juga berbangga karena WSBK Mandalika 2022 merupakan race bersejarah karena melahirkan juara dunia baru, menghadirkan race ke-900 WSBK, menerbitkan rekor-rekor baru, termasuk rekor penonton yang mencapai 51.629 penonton selama 3 hari," jelasnya.


Troy menambahkan, Indonesia juga mencatat sejarah dengan kemenangan talenta pebalap Indonesia Veda Ega Pratama pada Race 1 dan 2 Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan keluar sebagai juara dunia ke-3 IATC 2022 di WSBK Mandalika 2022 ini.


"Bukan hanya sebagai tuan rumah, tapi Indonesia juga memiliki begitu banyak potensi untuk bersaing di tingkat dunia, seperti yang ditunjukkan oleh pebalap muda Veda Ega Pratama yang menjadi juara dunia ke-3 IATC 2022 dan memenangkan seluruh race IATC di Indonesia kali ini," tandasnya. (R/L..).

TerPopuler