NTB Usulkan Keunikan Budaya Daerah Masuk di WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika -->

NTB Usulkan Keunikan Budaya Daerah Masuk di WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Minggu, 23 Oktober 2022, Minggu, Oktober 23, 2022

 

FOTO.Dirut MGPA, Priandi Satria (kanan) didampingi Kadis Pariwisata, Yusron Hadi, Sekretaris BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani saat memberikan keterangan pada wartawan.

 


MATARAM, BL -  Pemprov NTB, MGPA dan BPPD NTB, mengusulkan agar gelaran ajang balap dunia, bertajuk WSBK 2022 di Mandalika International Street Circuit pada 11-13 November mendatang dengan beragam hal unik dan menarik dari warna kedaerahan di NTB.


Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan dan pengalaman yang lebih berarti bagi para wisatawan yang akan menonton event tersebut selama berada Lombok.


Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandi Satria, mengatakan WSBK akan menghadirkan wisatawan yang memiliki manfaat untuk NTB. Sehingga suguhan budaya NTB penting untuk warnai WSBK 2022.


“Dengan hadirnya WSBK tentu mengundang banyak wisatawan dalam negeri hingga luar negeri, maka dari itu kita manfaatkan hal ini guna mempromosikan NTB di kancah dunia, mulai dari penampilan budaya, kesenian hingga promosi wisata,” ujarnya, Sabtu (22/10) kemarin.


Beberapa hal yang diusulkan di antaranya mulai dari memperkenalkan pakaian daerah khas NTB, tarian daerah Sasambo yang akan menjadi pembuka nantinya hingga menyelenggarakan Lombok Sumbawa Fair yang berisikan beragam budaya, makanan, kesenian Provinsi NTB.


“Dengan ide-ide ini, kami yakin ciri khas daerah NTB akan selalu diingat oleh para riders hingga wisatawan,” ucap Priandi. 


Sementara itu, Sekretaris BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani, mengatakan, bahwa pihaknya  telah menyiapkan beberapa upaya dan strategi untuk mempromosikan event ini agar dapat disaksikan oleh banyak penonton dari berbagai daerah dan belahan dunia.


Selain akan menampilkan kesenian dan budaya NTB, dalam opening dan closing caremony, akan dijual paket-paket wisata murah bagi seluruh wisatawan baik lokal, luar daerah hingga luar negeri.


“Kami sudah mulai berkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait hal ini, dan sudah bisa dinikmati jelang WSBK nanti hingga akhir bulan November. Kami yakin hal ini akan mengendalikan harga-harga hotel nantinya, hal ini merupakan komitmen kami terhadap keluhan pasca MotoGP kemarin,” ungkap dia.


Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, mengatakan dengan ide-ide yang telah dikumpulkan dari beberapa pihak, ia berharap agar hal ini dapat terwujud dan diterima oleh pihak Dorna. Menurutnya hal ini merupakan momentum yang tepat untuk NTB lebih dikenal  di kancah dunia.


“Semoga usulan kami ini dapat diterima oleh pihak terkait dan hal ini akan menjadi jendela bagi NTB untuk memperkenalkan kesenian dan budayanya bagi dunia,” tandas dia. (R/L..).

TerPopuler