Jemput Kemitraan ke Surabaya, 16 Kasek SMK di NTB Kunjungi Kawasan Industri Maspion -->

Jemput Kemitraan ke Surabaya, 16 Kasek SMK di NTB Kunjungi Kawasan Industri Maspion

Sabtu, 29 Oktober 2022, Sabtu, Oktober 29, 2022
FOTO. Inilah kawasan industri PT Maspion di Manyar, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur (Jatim).


MATARAM, BL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB menjemput bola untuk kemitraan SMK dan PT Maspion IT, dengan memberangkatkan sedikitnya 16 Kepala SMK di NTB untuk  berkunjung ke PT Maspion IT Surabaya, Jawa Timur.


Selain melakukan brenchmark, kunjungan juga dilakukan untuk melihat langsung industri kemitraan Maspion IT. Delegasi NTB juga menyaksikan Pekan Expo SMK Jawa Timur.


"16 Kasek SMK NTB jemput kemitraan ke Surabaya sebagai tindaklanjut Program Link and Match dengan Maspion IT dan partnernya," kata Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Dikbut NTB, Muhammad Ihwan, saat dihubungi Jumat 28 Oktober 2022.


Ihwan yang juga turut mendampingi para Kasek SMK dalam kunjungan itu menjelaskan, para Kasek SMK delegasi NTB juga akan melihat langsung Pekan Expo Vokasi SMK Jawa Timur di Surabaya, untuk mendapatkan praktik baik yang bisa diadopsi di NTB. 


"Kemudian 16 Kepala SMK ini kita bawa ke SMK Penerap Teaching Factory Bidang Permesinan dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Industri Partner," ujarnya.


Menurut Ihwan, tindaklanjut program ini nantinya akan dilaksanakan di NTB dalam bentuk pemagangan guru di perusahaan. Dan yang paling penting, tambahnya, adalah Rekrutmen Lulusan SMK NTB Jurusan Komputer dan Elektronika. 


"Kita dorong anak-anak muda lulusan SMK NTB mainnya agak jauh. Sehingga nanti di rantauan bisa sukses hingga posisi tinggi di perusahaan, kemudian pada waktunya nanti mereka akan ingat kampung halaman untuk dimajukan dan dikembangkan sebagai bentuk pengabdiannya bagi kampungnya di NTB," katanya.


Menurut Ihwan, banyak hal baik yang bisa diadopsi dari SMK di Jawa Timur. Hal ini bisa diterapkan di NTB dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah.


"Ada peluang dari mitra kita ini, ya kita kejar sampai ada hasilnya untuk daerah kita," tukas Ihwan.


FOTO. Para kepsek tengah memasuki kawasan kemitraan PT Maspion yang menyiapkan berbagai macam produk untuk belanja kebutuhan


Kunjungan SMK NTB ke Surabaya juga disambut Direktur Maspion IT, Ir Okky Tri Hutomo.


"Saya selaku Kabid SMK (Dikbud NTB) tak mau menyianyiakan kesempatan kenal lebih dekat dengan Pak Okky dan kawan kawannya. Apalagi beliau sangat terbuka dan selalu siap sibuk mengurus pendidikan karena keprihatinan beliau terhadap perkembangan pendidikan vokasi di Indonesia," ujarnya.


Seperti diketahui, PT Maspion IT, adalah salah anak perusahaan Maspion Group. Pekan lalu, pada Sabtu 22 Oktober 2022, Maspion IT menjalin MoU dengan 54 SMK Negeri dan swasta di NTB. 


Penandatanganan MoU di SMKN 3 Mataram dihadiri Direktur PT Maspion IT Okky Tri Hutomo dan Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr H Aidy Furqan.


MoU mengatur kerjasama kemitraan antara Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan SMK di NTB.


Melalui program ini, nantinya guru dan siswa SMK akan mendapatkan dukungan dari PT Maspion IT. Perusahaan ini akan menjadi tempat pengembangan, pelatihan, dan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) SMK. 


Sebelumnya, program ini juga dilaksanakan PT Maspion IT untuk 300 SMK di Jawa Timur sejak 2020 silam. Model kemitraan ini telah mampu meningkatkan kualitas vokasi SMK yang ada di Jawa Timur. (R/L...).

TerPopuler