Dampingi Kunjungan Bunda Niken ke KLU, Kadis Dikbud Aidy Ingatkan Bunda Paud Soal Pola Didik Anak di Masa Emas -->

Dampingi Kunjungan Bunda Niken ke KLU, Kadis Dikbud Aidy Ingatkan Bunda Paud Soal Pola Didik Anak di Masa Emas

Kamis, 06 Oktober 2022, Kamis, Oktober 06, 2022

 




FOTO. Bunda Paud Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat menyapa anak-anak Paud di KLU.




MATARAM, BL - Sebanyak 11 Bunda Paud yang berada di Kabupaten Lombok Utara (KLU), diminta untuk terus mensosialisasikan sasaran pengelolaan dan pengembangan Paud


Hal itu menyusul, penyelenggaraan Paud harus dilakukan secara holistik dan integratif.


Permintaan itu dikemukakan Bunda Paud Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat bersilaturahmi dengan 11 Bunda PAUD di lima Kecamatan di KLU, Kamis (6/10). 


“Saat ini sasaran kita dalam pengelolaan PAUD adalah penyelenggaraan PAUD yang holistik dan integratif. Holistik integratif artinya terintergrasi dengan beberapa layanan, ada 5 layanan yaitu Layanan pendidikan, kesehatan, pengasuhan, perlindungan/keamanan dan kesejahteraan. Bunda Paud harus tau dan hafal ini karena Bunda PAUD yang akan menerapkan di wilayah masing-masing, kelilingi Paud di desanya dan sampaikan tentang Paud Holistik Integratif ini,” jelas Bunda Niken, kemarin.


Selaku Bunda Paud NTB. Istri Gubernur NTB Zulkieflimansyah itu, menegaskan, bahwa ia sangat senang bisa menyapa sekaligus bersilaturrahmi dengan 11 Bunda Paud di wilayah KLU. Apalagi, Bunda Paud di Provinsi NTB, memiliki peran strategis dalam rangka membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di wilayah masing-masing. 


“Menjadi Bunda Paud adalah sebuah amanah, sebuah tugas untuk memberikan perhatian kepada Paud yang ada di wilayah masing-masing untuk meningkatkan kualitas Paud dan membantu Paud yang ada di wilayah masing-masing. Juga untuk memastikan anak-anak yang berada di masa golden age-nya, di masa-masa utama perkembangannya bisa mendapatkan layanan yang sebaik-baiknya,” papar Bunda Niken.


FOTO. Kadis Dikbud NTB Aidy Furqon (kiri) saat mendampingi kunjungan Bunda Niken ke wilayah KLU. 



Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. Aidy Furqan menjelaskan, pentingnya pola mendidik anak yang benar agar kedepannya anak-anak yang berada di masa emas dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 


Menurut dia, pola mendidik anak di usia dini memiliki cara. Yakni, harus melihat dari kecakapan anak, sehingga nanti akan kelihatan potensi belajarnya, serius atau kreatif.


Selanjutnya, para bunda Paud harus memahami psikologi anak usia dini. Yakni, mereka butuh model untuk dicontoh. 


"Berikutnya, usia anak TK diperlukan keterlibatan orang tua dengan sungguh-sungguh. Itu semua diperlukan untuk membangun rasa percaya diri dan semangat anak-anak kita,” tandas Aidy Furqon. (R/L..).


TerPopuler