Cek KSB dan Keterwakilan Perempuan Perindo NTB, Yan Marly : Verifikasi Faktual Perindo NTB Penuhi Persyaratan -->

Cek KSB dan Keterwakilan Perempuan Perindo NTB, Yan Marly : Verifikasi Faktual Perindo NTB Penuhi Persyaratan

Senin, 17 Oktober 2022, Senin, Oktober 17, 2022

 

FOTO. Ketua Bawaslu NTB Itratip bersama Komisioner KPU NTB Yan Marly (tiga kiri) saat melakukan Verfak di kantor DPW Perindo NTB di Karang Baru, Kota Mataram


MATARAM, BL -  Tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB  melakukan verifikasi faktual (verfak) DPD Partai Perindo Provinsi NTB. KPU menyatakan DPD Partai Perindo NTB telah memenuhi syarat.


Anggota KPU Provinsi NTB, Yan Marlay, mengatakan, ada tiga tiga unsur yang dilakukan saat verifikasi faktual. Pertama,kepengurusan DPD Partai Perindo NTB.


"Kepengurusan KSB (ketua, sekretaris, bendahara), hadir semua, lengkap dan memenuhi syarat kesesuaian," kata Yan di kantor DPW Perindo NTB di Karang Baru, Kota Mataram, Senin (17/10).


Kedua, pengecekan lokasi Kantor DPD Partai Perindo NTB, sesuai dengan surat keterangan dari DPP Partai Perindo. Ketiga, keterwakilan perempuan di kepengurusan DPD Partai Perindo  NTB. 


Dari semua list yang disediakan oleh KPU NTB semua terpenuhi dan dianggap telah sesuai dengan persyaratan. "Jadi ya kalau sesuai artinya memenuhi syarat. Jadi, dokumen yang kita lakukan verifikasi adalah yang pernah diuplod di Sipol. Tadi, semua orang yang di upload kita cek faktanya. Dan memang cocok semuanya," ujar Yan. 


Dalam Verfak itu, tampak juga Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB, Itratip.  Yan mendaku, kendati saat Verfak semua dokumen di sipol sudah sesuai dengan fakta. 


Namun, pihaknya memiliki mekanisme. Yakni, semua keputusan itu akan dilakukan melalui rapat pleno KPU Provinsi usai semua parpol, calon peserta pemilu tuntas dilakukan seluruhnya. 


"Hasil Verfak ini kita akan bawa ke putusan rapat pleno KPU NTB. Alhamdulillah, semua prosesnya juga sudah diawasi langsung  oleh Bawaslu," ucap Yan. 


Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU NTB itu, mendaku bahwa Verfak yang dilakukan tanpa ada konsep by desain atau tanpa ada yang dibuat-buat. 


Meski demikian, jika ada kekurangan berkas hingga kelengkapan sesuai dokumen Sipol, KPU NTB siap membuka hotline layanan 24 jam, bagi para calon peserta pemilu. 


"Yang pasti, kita akan sama-sama saling membantu para calon peserta pemilu asalkan ada yang merasa kesulitan dari sisi administrasi tapi tetap rujukan utama kita bekerja adalah merujuk Sipol yang sudah mereka upload masing-masing," jelas Yan Marly. 


Terpisah, Ketua DPW Perindo NTB, Lalu Athari Fathullah, mengaku bersyukur pada verifikasi faktual, Partai Perindo NTB dinyatakan lolos memenuhi syarat (MS) dan keterwakilan perempuan sendiri mencapai 60 persen.


"Alhamdulillah ini kepuasan kinerja tim yang luar biasa baik dengan pendampingan di 10 kabupaten kota di NTB," kata dia. 


Athar mendaku, pihaknya optimis kepengurusan DPD Perindo di semua wilayah di NTB, yang akan dilakukan proses Verfak oleh KPU kabupaten/kota, mulai besok bisa juga terpenuhi persyaratanya. 


"Insya Allah saya optimis, semua kepengurusan Perindo di 10 kabupaten/kota di NTB bisa mengikuti kelulusan DPW Perindo NTB saat ini," tandas Athar. 


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk memastikan verifikasi berjalan lancar. Meskipun Partai Perindo dinyatakan lolos verifikasi faktual pengurus pusat, HT menegaskan masih ada tahapan lain, yakni verifikasi tingkat daerah.


"Tahapan verifikasi ini kan bukan hanya DPP, tetapi juga di provinsi, maupun kabupaten, dan seluruh kota. Jadi mudah-mudahan semuanya berjalan lancar," kata HT dalam siaran tertulisnya, kemarin. (R/L...).

TerPopuler