Bang Zul : Pembangunan Berkelanjutan Terwujud Jika Kampus "Terus" Upgrade Kemampuan Penelitian -->

Bang Zul : Pembangunan Berkelanjutan Terwujud Jika Kampus "Terus" Upgrade Kemampuan Penelitian

Senin, 24 Oktober 2022, Senin, Oktober 24, 2022

 

FOTO. Gubernur NTB Zulkiefimansyah saat mengisi kuliah umum yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke -59 dan Temu Alumni FEB Unram.



MATARAM, BL - Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, didaulat mengisi Kuliah Umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mataram (Unram), Senin (24/10) kemarin.


Dalam kegiatan sebagai rangkaian Dies Natalis ke - 59 dan Temu Alumni itu. Gubernur mengatakan,  Technological Capability atau kemampuan teknologi, sangat penting dalam meningkatkan daya saing di era ekonomi terbuka saat ini. 


"Tapi, daya saing yang dibarengi kemampuan teknologi itu, harus juga adanya penguasaan knowledge base (pengetahuan dasar) yang kuat dan Intensity of Effort (intensitas usaha),” kata Gubernur. 


Bang Zul, panggilan karib Gubernur itu, mendaku bahwa, dalam membeli produk – produk luar, tentunya siapapun harus bisa menguasai technological capability produk tersebut. Sehingga apabila terjadi masalah atau kerusakan bisa dilakukan maintenance atau membuat produk yang lebih baik lagi.


“Tidak heran, kita mengambil berbagai produk dari luar, selama masih bisa menguasai Technological Capabilitynya,” ucap Gubernur. 


Terkait isu Sustainable Development atau Pembangunan Berkelanjutan yang seharusnya. Menurut dia,  tidak hanya terkait dengan lingkungan. Namun, pembangunan berkelanjutan juga merupakan salah satu isu sains dan teknologi. 


"Jadi, pembangunan baru bisa berkelanjutan kalau  kampus – kampus mengupgrade kemampuan penelitiannya, kemudian lembaga – lembaga penelitian juga melakukan hal yang sama dan yang paling penting adalah ada pengembangan kemampuan lokal,” tegas Gubernur. (R/L..).

TerPopuler