Ketua Bawaslu Mataram Terpilih jadi Komisioner Bawaslu NTB, Hasan : "Mohon Doa, Semoga Amanah Ini Bisa Saya Emban" -->

Ketua Bawaslu Mataram Terpilih jadi Komisioner Bawaslu NTB, Hasan : "Mohon Doa, Semoga Amanah Ini Bisa Saya Emban"

Minggu, 18 September 2022, Minggu, September 18, 2022

 

FOTO. Hasan Basri. 



MATARAM, BL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengumumkan tiga nama komisioner Bawaslu Provinsi NTB terpilih periode 2022-2027, Sabtu Malam (17/9).


Hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Bawaslu NTB itu, diumumkan Bawaslu RI melalui Surat Nomor: 316/KP.01.00/K1/09/2022 tertanggal 17 September 2022 yang ditandatangani oleh Ketua Rahmat Bagja.


Ketiga nama Bawaslu NTB tersebut adalah,  Itratip,  Suhardi dan Hasan Basri.


Tercatat, Itratip dan Suhardi merupakan dua calon petahana Bawaslu NTB. Sedangkan, Hasan Basri adalah Ketua Bawaslu Kota Mataram. 


Mereka berhasil menyisihkan tiga kandidat lainnya yakni Arnan Jurami, Saifuddin dan Umar Achmad Seth (Petahana Bawaslu NTB).


Dari informasi yang diterima  wartawan, para komisioner terpilih ini akan langsung dilantik di Jakarta dalam waktu dekat ini,  berbarengan dengan pelantikan Bawaslu provinsi se-Indonesia. Dan selanjutnya para komisioner Bawaslu terpilih langsung mengikuti Bimtek


Diketahui, pada fase  tes kesehatan dan wawancara, terdapat enam orang yang dinyatakan lulus kesehatan dan wawancara. Mereka, yakni Arnan Jurami, Hasan Basri (Ketua Bawaslu Kota Mataram), Itratip (Calon Petahana Bawaslu NTB), Suhardi (Calon Petahana Bawaslu) Saifuddin dan Umar Achmad Seth (Petahana Bawaslu NTB).


"Nantinya enam orang yang dinyatakan lulus ini selanjutnya akan mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan di Bawaslu RI di Jakarta," ujar Ketua Timsel Bawaslu NTB, Prof Mahyuni dalam keterangannya pada wartawan, Rabu (3/8) lalu. 


Menurut dia, tahapan pengumuman  lulus kesehatan dan wawancara bagi para calon komisioner Bawaslu, merupakan puncak atau paling monumental dari proses yang dijalani sejak awal seleksi Bawaslu. 


Sebab, hal itu sudah banyak pihak yang menantikan. Karenanya, berkas ke enam nama yang telah dinyatakan lulus kesehatan dan wawancara tersebut, akan dikirim ke Bawaslu RI sekitar tanggal 8-9 Agustus 2022.


"Kemungkinan tanggal 8-9 Agustus berkasnya kita akan kirim ke Bawaslu RI," kata Prof Mahyuni.


Terpisah, Komisioner terpilih Bawaslu NTB, Hasan Basri, menambahkan, bahwa dirinya tidak menyangka akan terpilih menjadi salah satu komisioner Bawaslu NTB.


Karena itu, ia meminta dukungan pada semua pihak untuk bisa mengemban amanah tersebut.


"Mohon doanya, semoga amanah ini bisa saya emban dalam mengawal Pemilu Serentak 2024 mendatang," tandas Suhardi pada wartawan melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (18/9). (R/L..).

TerPopuler