Animo Ribuan Peserta dan Turis Asing Ikuti Lomba Pesona Wisata PMI NTB di Benang Stokel -->

Animo Ribuan Peserta dan Turis Asing Ikuti Lomba Pesona Wisata PMI NTB di Benang Stokel

Senin, 19 September 2022, Senin, September 19, 2022

 



FOTO. Ketua PMI Provinsi NTB H. Ridwan Hidayat (dua kiri) saat membuka Lomba Pesona Wisata di Benang Stokel, Loteng


MATARAM, BL - Sebanyak 1.400 peserta yang umumnya adalah para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Provinsi NTB, mengikuti Lomba Pesona Wisata yang dihelat PMI Provinsi NTB di kawasan wisata air terjun Benang Stokel, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Senin (19/9). 


Menariknya, dari ribuan peserta itu terdapat sejumlah wisatawan asal Jerman yang ikut bersama rombongan Camat dan OPD di Loteng pada kegiatan tersebut.


Ketua PMI Provinsi NTB H. Ridwan Hidayat, mengatakan, bahwa kegiatan Lomba Pesona Wisata kali ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT PMI ke-77. Di mana, hal itu dilakukan setiap tahun untuk menumbuhkan kembangkan kreativitas serta cinta terhadap alam.


"Untuk kali ini, kami pilih lokasi Benang Stokel, karena kami ingin mempromosikan wisata di Kabupaten Lombok Tengah. Makanya, pesertanya kita perluas, sehingga ada juga turis asing asal Jerman yang ikut dalam lomba kali ini," ujar Ridwan pada wartawan, Senin (19/9). 


Menurut dia, semangat menanamkan rasa  cinta  kepada alam sangat diperlukan bagi para relawan PMI. Sebab, hal itu akan menimbulkan kekompakan, serta melahirkan sence of bilonging (rasa memiliki)  yang  pada saatnya akan melahirkan sence of respondibilty (rasa tanggung jawab) untuk memakmurkan bumi yang diciptakan oleh Allah SWT.


"Dengan kita tetap menjaga, mananam dan menghijaukan kawasan hutan. Maka, kelestarian alam untuk keseimbangan kehidupan manusia akan bisa tetap terjaga kedepannya," tegas Ridwan.


FOTO. Animo ratusan peserta yang merupakan relawan PMI saat mengikuti Lomba itu. 


Ia berharap adanya kegiatan ini, para relawan PMI yang tergabung dalam Sibat , TSR , KSR, hingga PMR, akan terus memplopori  dan menghidupkan tujuh prinsip PMI dalam kehidupan keseharian mereka.


Mengingat, lanjut Ridwan, tujuh prinsip PMI itu, sangat penting, lantaran berdimensi nilai universal yang terkandung sebagai perwujudan  manusia Pancasilais.


FOTO. Para peserta terlihat memasuki garis finish usai berkeliling di kawasan Benang Stokel 



"Jadi tujuh prinsip PMI yang wajib ada pada sanubari semua relawan PMI agar bisa terus berjiwa Pancasialias, yakni kemanusiaan,  kesamaan,  kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan. Ini wajib mereka tanamkan dalam kehidupannya," tandas Ridwan Hidayat. (R/L..).

TerPopuler