Wujudkan Misi NTB Sehat dan Cerdas, Kadis Dikbud : Pelatihan Jurnalistik Ikhtiar Tingkatkan Literasi di Sekolah -->

Wujudkan Misi NTB Sehat dan Cerdas, Kadis Dikbud : Pelatihan Jurnalistik Ikhtiar Tingkatkan Literasi di Sekolah

Selasa, 23 Agustus 2022, Selasa, Agustus 23, 2022

FOTO. Aidy Furqon. 





MATARAM, BL  – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr Aidy Furqan, mengaku, bahwa pihaknya mendukung pelatihan jurnalistik tingkat pelajar, guru dan tenaga kependidikan yang digagas oleh Univesitas Pendidikan Mandalika (Undikma).


Menurut Aidy, keberadaan sekolah harus menjadi garda terdepan untuk menyampaikan informasi tentang keunggulan sekolahnya masing-masing.


‘’Kita menilai apa saja yang ditampilkan oleh SMA, SMK maupun SLB se-NTB. Makanya dengan adanya pelatihan jurnalistik ini tentu sebagai langkah yang tepat untuk menggali potensi-potensi yang ada di sekolah masing-masing,’’ ujar Kadis Dikbud NTB, pada wartawan, Selasa (23/8).


Menurut dia, pihaknya sudah lama menginisiasi kegiatan ini supaya terlaksana, sehingga bisa meningkatkan literasi jurnalistik untuk siswa, guru dan pengelola informasi yang ada di sekolah.


“Sudah lama kami berkomunikasi dengan teman- teman wartawan supaya jurnalisme sekolah ini bisa terlaksana dan hari ini hingga selanjutnya di mulai bersama Undikma Mataram. Makanya ini menjadi penilaian kita juga kepada sekolah-sekolah dibawah naungan Dikbud NTB,” ungkap Aidy. 


Selain itu, pelatihan jurnalistik ini dihajatkan agar berlanjut sampai ke setiap kabupaten/kota di NTB.


Untuk diketahui, penyebaran informasi dan konten berita semakin mudah seiring perkembangan teknologi saat ini. Media sosial menjadi perantara informasi yang strategis, lintas geografis, dan sangat cepat.


Walaupun demikian, prestasi yang bagus tanpa dipublikasi tentu hanya internal sekolah yang mengetahui. Makanya, melalui pelatihan jurnalistik diminta untuk terus mempublikasikan kegiatan-kegiatan sekolah. Sedangkan untuk SMK harus dipublikasikan prodak-prodak yang dihasilkan.


Aidy menegaskan, untuk mewujudkan NTB yang cerdas, sehat, aman dan berkah sesuai amanah RPJMD 2018-2023. Pihaknya berkomitmen penuh dalam mewujudkan visi dan misi NTB Gemilang periode 2018-2023. Amanah yang diberikan melalui misi NTB Sehat dan Cerdas serta NTB Aman dan Berkah dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan di NTB. 


Salah satu upaya menuju misi tersebut adalah melalui motto program  yakni profil, penampilan, pelayanan dan prestasi (4P).


“Pelatihan seperti ini tidak lain sebagai upaya bersama-sama membangun dunia pendidikan yang membanggakan demi NTB Gemilang,’’ tandas Aidy Furqon. (R/L..)


TerPopuler