Pengelolaan PSSI NTB Mengarah ke Profesional, Liga 3 PSSI jadi Liga 3 Bank NTB Syariah -->

Pengelolaan PSSI NTB Mengarah ke Profesional, Liga 3 PSSI jadi Liga 3 Bank NTB Syariah

Kamis, 04 Agustus 2022, Kamis, Agustus 04, 2022

FOTO. Ketua PSSI NTB Mori Hanafi (tengah) bersama pengurus teras dan Exco Asprov PSSI NTB saat meluncurkan nama Liga 3 Bank NTB Syariah, 





MATARAM, BL- Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI NTB, memastikan pelaksanaan 
Kickoff Liga 3 NTB akan dilaksanakan 6 Agustus di GOR 17 Desember. Menariknya, kompetisi kasta tertinggi sepakbola di Provinsi NTB tersebut berganti nama menjadi Liga 3 Bank NTB Syariah. 


Itu menyusul, pihak Asprov PSSI setempat telah meneken kontrak kerjasama sponsorship menggandeng perbankan yang sahamnya dimiliki Pemprov dan semua Pemda di 10 kabupaten/kota di NTB. 


"Alhamdulillah, untuk pelaksanaan kompetisi kali ini, kami sudah mendapatkan sponsor resmi. Karenanya, semua klub peserta juga memperoleh subsidi sekadar pembiayaan untuk mengarungi kompetisi kasta tetinggi sepakbola di NTB itu," ujar Ketua Asprov PSSI NTB, Mori Hanafi saat memberikan keterangan pada wartawan di kantor PSSI setempat di Mataram, Kamis Petang (4/8).


Didampingi pengurus PSSI dan Exco PSSI NTB. Mori mengaku, bahwa semua kelompok umur yang akan bergulir kompetisinya setelah liga 3 NTB, juga akan bersama Bank NTB Syariah untuk penamaannya. 


Kompetisi itu, yakni Piala Soeratin U-15, U-13 dan U-12 hingga Pertiwi, semua namanya adalah kompetisi yang menyertakan nama sponsor, yakni Bank NTB Syariah 


"Kehadiran pihak swasta selaku sponsor itu, adalah tanda jika pengelolaan sepakbola di Provinsi NTB, sudah mulai mengarah ke profesional dan berjalan dengan baik sejauh ini," tegas Mori. 


Ia tidak menampik tahun ini adalah tahun kebangkitan prestasi sepakbola NTB. Karena itu, banyak sponsor dari lembaga perbankan lainnya yang juga sudah masuk menawari pada PSSI NTB. 


Namun lantaran, pihaknya sudah berkomitmen dengan pihak Bank NTB Syariah, makanya sponsor yang sudah mengajukan penawaran terpaksa ditolak. 


"Kita hormati kontrak kita yang sudah kita bangun bersama Bank NTB Syariah, apalagi management Bank NTB Syariah juga siap membiayai untuk semua kompetisi yang dijalankan oleh PSSI di semua jenjang yang ada," jelas Mori.


Terpisah, Wakil Ketua PSSI NTB, Raden Nuna Abriadi, mengaku bahwa pelaksanaan Liga 3 kali ini, sudah mulai mengarah ke profesionalisme. Hal itu menyusul, kehadiran sponsor menandakan pengelolaan organisasi olahraga yang digandrungi semua lapisan masyarakat di semua wilayah di Indonesia tersebut, sudah memperoleh tempat tersendiri.


"Ingat, sepakbola itu, enggak bisa berdiri sendiri. Makanya, ada pihak luar yang ikut terlibat didalamnya. Salah satunya adalah pihak perbankan yakni, Bank NTB Syariah yang menjadi sponsor utamanya kali ini," tandas Nuna Abriadi. 
 

Sementara itu, setelah melakukan pembagian grup Liga 3 NTB 2022 yang akan digulirkan di Pulau Sumbawa dan di Pulau Lombok, mulai 6 Agustus 2022. Klub peserta Liga 3 NTB 2022 dibagi dalam empat grup.


Klub yang berada di Pulau Lombok terdiri dari Grup A dan Grup B, sementara klub yang dari Pulau Sumbawa terdiri dari Grup C dan Grup D.


Di grup A diikuti delapan klub, seperti juara bertahan Perlobar, PS Mataram, Lombok FC, PSLT Lombok Tengah, PS Fatahillah 354, PS Hamzanwadi, Infa FC, dan Bintang Ampenan. Selanjutnya di Grup B berisi tujuh klub. Yakni runner up Liga 3 NTB 2021, PS Bima Sakti, PS Bintang Kejora, Perslotim, PS Seleparang Raya, PS Daygun, Mandalika FC, dan Garuda Muda.  Pertandingan Grup A dan B seluruhnya akan digelar di GOR 17 Desember.


Sementara itu di Grup C  melibatkan  tim Lebah FC Sumbawa, Persekobi, Cordova University, Bomber FC, Persisum Sumbawa, dan Panser FC. Pertandingan Grup C digelar di Sumbawa dengan tuan rumah Lebah FC.


Selanjutnya Grup D dihuni Persebi Bima, Persidom Dompu, Galaxy FC, PSKT Sumbawa Barat, dan PS Sumbawa FC. Pertandingan Grup D akan berlangsung di Kabupaten  Bima dengan tuan rumah Persebi Bima.


Persaingan Liga 3 NTB 2022 bakal lebih ketat daripada  liga sebelumnya. Karena jumlah klub peserta bertambah delapan klub. Pertandingan perdana Liga 3 NTB 2022 digelar di GOR 17 Desember, 6 Agustus. Di laga pembuka ini menampilkan dua rival utama Pulau Lombok, Perslobar melawan PS Mataram.  Kemudian jompetisi di Pulau Sumbawa baru mulai pertandingan 27 Agustus. (R/L..).

TerPopuler