Festival Gerabah Upaya Bangkitkan Pariwisata dan Seni Masbagik Timur -->

Festival Gerabah Upaya Bangkitkan Pariwisata dan Seni Masbagik Timur

Selasa, 30 Agustus 2022, Selasa, Agustus 30, 2022

 



FOTO. Gubernur NTB Zulkiefimansyah (tiga kiri) saat bersama Bupati Lotim menghadiri Festival Gerabah Masbagik Timur, kemarin.





MATARAM, BL- Festival Gerabah Masbagik resmi digelar. Event pertama yang dilaksanakan di Masbagik Timur, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) itu, dibuka Gubernur NTB Zulkiefimansyah.


Festival tersebut diadakan untuk membangkitkan dan memperkuat kembali eksistensi Masbagik Timur sebagai Desa Wisata Seni dan Budaya di Pulau Lombok.


“Mesti ada cara baru dalam membuka pasar baru produk-produk gerabah kita agar diserap oleh pasar domestik Indonesia dengan gerabah beraneka rupa. Tugas yang tidak mudah, tapi sangat menantang,” kata Gubernur, Senin (29/8) kemarin. 


Menurut Bang Zul, panggilan karib gubernur NTB itu, produk Gerabah yang dihasilkan masyarakat harus memiliki pasar yang jelas, sehingga mudah didistribusikan.


Untuk itu, kelincahan dalam mencari pasar harus mulai dilakukan. Di mana, Gerabah itu harus didefinisikan keberadaanya. 


“Masbagik ini, butuh international event atau tidak. Kalau memang pasar kita hanya Bali, kita hanya sekedar bikin saja, tidak apa-apa, kita menjadi supplier awal-awal dengan Bali yang penting masyarakat disini hidup,” ungkap Gubernur.


Bang Zul, berpesan kepada para pengrajin Gerabah dan masyarakat agar setelah Festival digelar, diharapkan masyarakat mendapat peningkatan penjualan. Dengan kata lain, bukan sekedar ramai-ramai di Festival, tetapi juga menghasilkan kegiatan dan hasil yang konkrit.


“Tolong supaya hasil festival itu minimal ada kegiatan yang konkrit misalnya menjual atau mendistribusikan gerabah milik masyarakat ke pasar yang baru. Jangan sampai banyak festival, banyak pameran tetapi tidak meningkatkan penjualan,” tegas Gubernur. 


Sementara itu, Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy, mengatakan, Pemkab dan masyarakat Lombok Timur terus berupaya dengan maksimal untuk membangkitkan kembali potensi daerah yang dimiliki melalui berbagai ikhtiar.


“Aktivitas Kabupaten Lombok Timur saat ini kemeriahannya sangat terasa. Ada pameran dan festival di mana-mana. Alhamdulillah, kemampuan masyarakat kita untuk menggunakan sarana yang diberikan pemerintah seperti mendistribusikan produk secara online itu luar biasa. UMKM terus bergerak di dunia maya, itu salah satu bentuk ikhtiar yang sudah kita lakukan,” jelas Bupati Lotim. (R/L..).


TerPopuler