Ungkit Sejarah Pulau Lombok melalui Ekspedisi Mistis PDIP NTB dan M-16 -->

Ungkit Sejarah Pulau Lombok melalui Ekspedisi Mistis PDIP NTB dan M-16

Rabu, 27 Juli 2022, Rabu, Juli 27, 2022
FOTO. Suhaimi 


MATARAM, BL - Ketua DPC PDIP Lombok Tengah, Suhaimi, mengatakan, ekspedisi mistis yang kini terus dilakukan M-16 bersama DPD PDIP NTB untuk menggali sejarah dan budaya Suku Sasak di Pulau Lombok, sangat penting bagi keberlangsungan generasi.


Sebab, hal itu lebih untuk mengetahui sejarah, kisah maupun perjalanan hidup para leluhur agar menjadi titik tolak dalam bersikap dan berprilaku.


"Segala sisi perilaku dan segi  perjalanan kehidupan para leluhur adalah kekayaan khazanah bagi generasi penerus bangsa. Sisi mistis hanya satu sisi dari sekian banyak segi yang bisa dipelajari," kata Suhaimi pada wartawan, Rabu (27/7).


Anggota DPRD Lombok Tengah itu, berharap dari ekspedisi mistis yang digelar untuk menelusuri sejarah Lombok, dapat berguna dan berkontribusi bagi masyarakat NTB.


"Ekspedisi ini juga menunjukan, betapa miskinnya kita akan sejarah leluhur. Sekecil apapun ekspedisi ini, semoga bermanfaat dan menjadi kontribusi positif bagi masyarakat Lombok," ujarnya.


Suhaimi mendaku, ia tidak ingin, leluhur Lombok yang tersohor pada zamannya akan menjadi redup karena tidak ada bukti yang dapat diceritakan kepada generasi akan datang. Sehingga penting memperkenalkan literasi tentang kebudayaan maupun sejarah Lombok.


"Sejarah dan cerita seseorang menjadi besar atau kecil, adalah karena ditulis dan diceritakan. Jangan sampai orang orang besar yang memang besar dalam sejarah sesungguhnya, terkubur, hanya karena tidak ditulis dan diceritakan," tandas Suhaimi. (R/L..).

TerPopuler