Respon Cepat PLN, 2.500 Pelanggan Terdampak Kebakaran Hebat di Pertokoan Tente Bima Bisa Dipulihkan -->

Respon Cepat PLN, 2.500 Pelanggan Terdampak Kebakaran Hebat di Pertokoan Tente Bima Bisa Dipulihkan

Senin, 25 Juli 2022, Senin, Juli 25, 2022

FOTO. Sejumlah petugas PLN terus melakukan pemulihan jaringan listrik yang ludes terbakar akibat amukan si Jago merah di pertokoan di Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, kemarin malam




MATARAM, BL - Sebanyak 15 gardu milik PLN yang melistriki kurang lebih 2.500 pelanggan terkena dampak dari kebakaran yang melanda pertokoan di Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima pada Minggu Malam (24/7) sekitar pukul 18.30 Wita. 


Manager PLN Unit Layanan  Pelanggan Woha, Arif Rahman yang dihubungi wartawan dari Mataram, mengatakan bahwa, sepanjang 50 meter jaringan PLN terdampak akibat kebakaran tersebut. 


Namun, dengan respon cepat oleh petugas PLN untuk melakukan normalisasi setelah api padam dan kondisi di lokasi aman, sekitar pukul 20.30 Wita. Kondisi gangguan pada pelanggan dapat dilokalisir. 


“Petugas bergerak sigap. Kami langsung melokalisir gangguan dengan melakukan perbaikan pada kawat yang terbakar. Caranya dengan memotong aliran listrik dan kemudian menghubungkan kembali dengan jaringan yang baru," ujar Arif, Senin (25/7).


Menurut dia, pihaknya langsung melakukan pengalihan jalur pasokan listrik ke pelanggan yang terdampak. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat Desa Tente dan sekitarnya dapat menggunakan listrik untuk proses pemulihan.


Untuk alasan keamanan, Arif juga mengungkapkan bahwa pada saat kejadian terjadi, PLN juga langsung memutus suplai listrik untuk mencegah dampak yang lebih meluas.


“Listrik segera kami padamkan. Situasi akan berbahaya apabila kondisi kebakaran dan listrik masih mengalir. Dapat menyebabkan hubungan singkat saat proses pemadaman dan akan sangat membahayakan keselamatan warga dan petugas pemadam kebakaran," jelas dia.


Arif mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati dalam memanfaatkan listrik setiap harinya. Misalnya dengan menghindari  penumpukan stop kontak, menggunakan listrik yang resmi dari PLN dan memastikan peralatan yang digunakan berlogo SNI. 


Selain itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat  untuk segera lapor apabila mengetahui adanya potensi bahaya di sekitarnya. 


Terkait kondisi lapangan terkini pascakebakaran hebat itu. Menurut Arif, sejauh ini, terpantau masih terdapat 10 pelanggan yang merupakan korban kebakaran yang masih padam.


Sebab, mereka berada di jalur yang sama dengan toko yang terbakar. Direncanakan, petugas PLN hari ini akan kembali ke lokasi untuk melakukan penggantian jaringan. 


"Beberapa pelanggan akan padam selama perbaikan berlangsung. Kami akan upayakan secepat mungkin agar listrik di lokasi dapat segera kembali normal," tandas Arif. (R/L..).

TerPopuler