Apel Siaga Cara PLN Siapkan Suplai Listrik MXGP Samota -->

Apel Siaga Cara PLN Siapkan Suplai Listrik MXGP Samota

Kamis, 23 Juni 2022, Kamis, Juni 23, 2022

FOTO. Sejumlah petugas PLN tengah mengecek kesiapan Jaringan Tegangan Menengah untuk menyuplai kebutuhan listrik selama ajang MXGP Samota





MATARAM, BL  – PLN menggelar apel siaga di lokasi sirkuit MXGP Samota, Kabupaten Sumbawa, Kamis (23/6). Langkah itu dimaksudkan untuk memastikan kesiapan pasokan listrik untuk mendukung ajang balap motocross internasional bertajuk MXGP of Indonesia Samota 2022 berjalan lancar.


Apel sendiri diikuti  seluruh personel yang siaga pada event akbar internasional yang akan berlangsung selama tiga hari, dimulai Jumat (24/6) hingga Minggu (26/6). 


Tiga lokasi MXGP yang akan disuplai listriknya dari PLN adalah paddock, pitlane dan juga skybox. Untuk melistriki ketiga lokasi tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah masing masing sepanjang 0,5 km, 1 km Jaringan Tegangan Rendah dan beberapa peralatan untuk melayani pelanggan dari tegangan 20 KV.


General Manager PLN NTB, Sudjarwo mengatakan, bahwa saat ini infrastruktur PLN telah siap untuk menyuplai MXGP Indonesia Samota Sumbawa 2022. 


“Semua persiapan, baik pembangunan jaringan maupun pemasangan komponen, berjalan sesuai rencana. PLN berkomitmen untuk memberikan yang terbaik agar gelaran MXGP dapat berjalan dengan sukses," ujarnya, kemarin.


Menurut Djarwo, dari sisi pasokan daya, beban puncak Sistem Kelistrikan Sumbawa saat ini telah mencapai 117,1 MW dengan daya mampu sebesar 144,35 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 27,25 MW. 


Untuk sistem back up apabila terjadi gangguan di sisi pembangkit, PLN juga menyiapkan enam unit Uninterruptible Power Supply (UPS)  kapasitas total 760 kVA, delapan Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas total 1700 kVA dan lima buah genset kapasitas 1600 kVA yang didatangkan dari Taliwang dan Mataram.


“Suplai daya sangat cukup. Kami juga sudah memprediksi lonjakan beban pada saat event berlangsung, karena seluruh aktivitas masyarakat di area Samota pasti akan meningkat," kata dia. 


Dari kesiapan personil, PLN telah menyiapkan 327 personil yang saat ini telah siap di Sumbawa yang akan siaga di 10 lokasi tersebar. 


Selain mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk suplai daya sebesar 1.38 MVA, PLN juga melistriki hotel dan penginapan yang akan mendukung suksesnya perhelatan akbar internasional tersebut.


Pemeriksaan instalasi untuk beberapa hotel juga telah dilakukan oleh PLN. Dua unit Stasiun Pengisian Listrik Umum juga sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di camping ground.


“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat agar event MXGP ini dapat berjalan dengan aman dan sukses. PLN mampu memberikan pelayanan yang optimal untuk Nusa Tenggara Barat," jelas Djarwo. (R/L..)


TerPopuler